Penulis Utama : Ya Shinta Dewi Wahyuni
NIM / NIP : K8416073
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi setelah sistem zonasi di terapkan di SMAN 1 Surakarta; (2) Menganalisa strategi manajemen sekolah di SMAN 1 Surakarta dalam menghadapi pemberlakuan sistem zonasi menggunakan teori struktural fungsional oleh Radcliffe-Brown.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Peneliti menggunakan dua jenis data penelitian, yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis menurut Miles dan Huberman yang menggunakan beberapa prosedur kegiatan meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perubahan input siswa yang menjadi relatif heterogen setelah sistem zonasi diterapkan menyebabkan perubahan budaya sekolah dan pola pembelajaran; (2) Strategi yang digunakan oleh manajemen sekolah di SMAN 1 Surakarta dalam menghadapi perubahan budaya sekolah adalah dengan penanaman nilai-nilai yang terdapat dalam Hasthalaku dan inovasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS); (3) Mekanisme adaptif dengan mengubah metode pembelajaran dan wacana akan diterapkannya Sistem Kredit Semester (SKS) di SMAN 1 Surakarta merupakan strategi yang dipilih oleh manajemen sekolah dalam rangka menghadapi perubahan pola pembelajaran.

×
Penulis Utama : Ya Shinta Dewi Wahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8416073
Tahun : 2020
Judul : Strategi Manajemen Sekolah Dalam Menghadapi Pemberlakuan Sistem Zonasi di SMAN 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8416073-2020
Kata Kunci : Adaptasi, budaya sekolah, manajemen sekolah, sistem zonasi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.rer.nat.Nurhadi, S.Ant, M.Hum
2. Okta Hadi Nurcahyono, S.Pd, M.Si, M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.