Penulis Utama : Dias Anita Sari
NIM / NIP : K7116042
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengomunikaksikan hasil diskusi materi kegiatan ekonomi peserta didik kelas IV SD Ta’mirul Islam Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran NHT.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV F SD Ta’mirul Islam Surakarta  yang berjumlah 24 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman.

Hasil penelitian pra-tindakan menunjukkan persentase ketuntasan klasikal keterampilan mengomunikasikan hasil diskusi sebesar 20,8%. Siklus I meningkat menjadi 41,6% dan siklus II meningkat menjadi 87,5%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan klasikal. Maka dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keterampilan mengomunikasikan hasil diskusi materi kegiatan ekonomi.

Kata Kunci: keterampilan mengomunikasikan, model pembelajaran numbered head together (nht), kegiatan ekonomi, sekolah dasar

 

×
Penulis Utama : Dias Anita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116042
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengomunikasikan Hasil Diskusi Pada Materi Kegiatan Ekonomi (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik Kelas IV F SD Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116042-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sukarno, M.Pd
2. Dr. Chumdari, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.