Penulis Utama : Muannifah Noor Faradilla
NIM / NIP : X5117012
×

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi pengenalan hewan menggunakan media boneka jari pada anak tunagrahita di kelas IV SLB Putra Idhata tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Subjek penelitian adalah peserta didik tunagrahita IV SLB Putra Idhata yang berjumlah empat peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan  tes dan dokumentasi.

Analisis data yang digunakan adalah statistik teknik analisis kuantitatif dengan persentase dan analisis deskriptif kualitatif. Peningkatan hasil belajar peserta didik ditunjukkan dengan nilai rata-rata dan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sebelum dilaksanakan tindakan, pada saat pretest nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik tunagrahita kelas IV sebesar 57,5 dengan persentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 25%. Setelah itu dilakukan tindakan pada siklus I yang dibuat sebanyak 2 kali pertemuan. Dari dua kali pertemuan yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata peserta sebesar 73,25 dengan presentase sebesar 50%. Selanjutnya dilakukan tindakan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik sebesar 85 dengan persentase ketuntasan peserta didik sebesar 100%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media boneka jari dapat digunakan untuk meningkatkan materi pengenalan hewan pada anak tunagrahita sedang  kelas IV di SLB Putra Idhata tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Media Boneka Jari, Pengenalan Hewan, Tunagrahita.

 

×
Penulis Utama : Muannifah Noor Faradilla
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X5117012
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Pemahaman Materi Pengenalan Hewan Menggunakan Media Boneka Jari Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas IV di SLB Putra Idhata Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus KG Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-X5117012-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sugini, S.Pd,M.Pd.
2. Mahardika Supratiwi, S.Psi., MA.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.