Penulis Utama : Novi Dian Oktavia
NIM / NIP : K7515036
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) strategi Public Relations dalam menangani pemberitaan negatif di media massa pada PT Lion Mentari Airlines, 2) hambatan yang dihadapi oleh Public Relations PT Lion Mentari Airlines dalam menangani pemberitaan negatif di media massa, dan 3) upaya dari hambatan yang dihadapi oleh Public Relations PT Lion Mentari Airlines dalam menangani pemberitaan negatif di media massa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal terpancang. Teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling dan snowball sampling.. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi Public Relations dalam menangani pemberitaan negatif di media massa pada PT Lion Mentari Airlines melalui beberapa tahap yakni, strategi Public Relations, evaluasi, dan dampak; 2) hambatan yang dihadapi Public Relations PT Lion Mentari Airlines dalam menangani pemberitaan negatif di media massa yakni hambatan teknik operasional, adanya penyebaran berita hoax oleh media, dan adanya hambatan situasional; dan 3)upaya mengatasi hambatan yang dihadapi oleh Public Relations Lion Mentari Airlines dalam menangani pemberitaan negatif di media massa yakni memberikan kompensasi sesuai dengan SOP penerbangan yang berlaku, terus memberikan klarifikasi berupa informasi dan keterangan yang relevan dengan kejadian sebenarnya secara objektif serta menjalin hubungan yang baik dengan media relations, dan melakukan koordinasi antara pihak satu dengan pihak lainnya.

Kata Kunci: strategi Public Relations, krisis Public Relations, tantangan Public Relations.

 

×
Penulis Utama : Novi Dian Oktavia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7515036
Tahun : 2020
Judul : Strategi Public Relations Dalam Menangani Pemberitaan Negatif di Media Massa Pada PT Lion Mentari Airlines
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Administrasi Perkantoran-K7515036-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hery Sawiji, M.Pd
2. Tutik Susilowati, S.Sos., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.