Penulis Utama : Avan Sambudi
NIM / NIP : K7516013
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui pelaksanaan Praktik kerja Lapangan di SMK Kristen 1 Surakarta Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. (2) Mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang timbul dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan di SMK Kristen 1 Surakarta Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. (3) Mengetahui upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan-hambatan yang timbul dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan di SMK Kristen 1 Surakarta Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah informan, tempat dan peristiwa, serta dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu dengan model analisis interaktif.

Hasil penelitian: (1) Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan di SMK Kristen 1 Surakarta sudah terselenggara dengan baik dan memiliki peranan positif dalam peningkatan keterampilan dan kesiapan siswa untuk berkompetisi di dunia kerja, hal tersebut dapat dilihat melalui setiap tahap penyelenggaraan Praktik Kerja Lapangan yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap penilaian. (2) Hambatan-hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan seperti jarak institusi pasangan yang jauh dengan tempat tinggal siswa Praktik Kerja Lapangan, keterbatasan guru produktif OTKP yang menyebabkan tidak semua guru pembimbing Praktik Kerja Lapangan berkompeten, kurangnya komunikasi dan tanggung jawab guru pembimbing sekolah terhadap siswa yang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan. (3) Upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan Praktik Kerja Lapangan yaitu pemilihan tempat DUDI yang terjangkau dan disesuaikan dengan tempat tinggal siswa, koordinasi antara guru  pembimbing non produktif dengan guru produktif OTKP, Pelaporan hasil kinerja dan pengarahan dari Ketua pelaksana Praktik Kerja Lapangan.

Kata Kunci : Praktik Kerja Lapangan, Sekolah Menengah Kejuruan, Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran

 

×
Penulis Utama : Avan Sambudi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7516013
Tahun : 2020
Judul : Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan di SMK Kristen 1 Surakarta (Studi Kasus pada Kelas XI Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Administrasi Perkantoran-K7516013-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Cicilia Dyah Sulistyaningrum I, M.Pd
2. Susantiningrum, S.pd., S.E., M.AB
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.