Penulis Utama : Edo Setiawan
NIM / NIP : K4416019
×

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan (1) kompetensi pedagogik guru Sejarah, (2) kemampuan guru sejarah dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 revisi 2017,  di SMA Negeri 1 Gemolong Sragen.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yakni guru sejarah SMA Negeri 1 Gemolong Sragen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, kuesioner dan analisis dokumen. Data yang dikumpulkan data primer dan data sekunder. Sumber data diperoleh dari informan, kuesioner, dan dokumen. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) dua dari sepuluh indikator kompetensi pedagogik belum terlaksana dengan maksimal, yaitu pada indikator memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, dan melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran, kedua indikator kompetensi pedagogik yang belum terlaksana secara maksimal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya informasi yang didapat oleh guru dan kondisi yang mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara daring dengan moda jarak jauh (PJJ); (2) Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru sejarah dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 revisi 2017 secara umum telah terpenuhi namun masih terdapat beberapa kekurangan, diantaranya dalam perencanaan pembelajaran guru telah menyusunnya sesuai dengan regulasi terbaru namun masih terdapat komponen yang kurang seperti tidak tercantum model pembelajaran yang digunakan, dalam pelaksanaan pembelajaran guru belum terlihat melaksanakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) serta dalam penilaian guru telah melaksanakan penilaian sesuai dengan yang telah direncanakan berdasarkan ketentuan yang berlaku namun belum menyusun instrumen penilaian.

Kata Kunci: kompetensi pedagogik, guru sejarah, implementasi kurikulum.

×
Penulis Utama : Edo Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4416019
Tahun : 2020
Judul : Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah dalam Implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2017 (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Gemolong Sragen Tahun Ajaran 2020/2021)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Pendidikan Sejarah-K4416019-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Leo Agung S., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.