Penulis Utama : Siti Rhohana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4416063
Tahun : 2020
Judul : Kajian Nilai-Nilai Perjuangan Sultan Agung Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Pendidikan Sejarah-K4416063-2020
Subyek : SULTAN AGUNG, NILAI-NILAI PERJUANGAN, PENDIDIKAN KARAKTER
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan perjuangan yang dilakukan Sultan Agung melawan VOC 2) menguraikan wujud nilai-nilai pendidikan karakter pada perjuangan Sultan Agung dalam melawan VOC 3) menganalisis penerapan nilai-nilai perjuangan Sultan Agung dalam pembelajaran Sejarah Indonesia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pelaksanaannya dimulai pada bulan Maret hingga Juni 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sejarah di SMAN 1 Surakarta, SMA Batik 1 Surakarta, dan SMA Al Islam 1 Surakarta. Sumber data diperoleh dari wawancara, analisis dokumen dan studi pustaka. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan analisis dokumen. Uji Validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik model analisis interaktif.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Perjuangan yang dilakukan Sultan Agung dalam melawan VOC dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pada tahun 1627 dan 1628 yang menyebabkan Gubernur Jenderal VOC tewas; (2) Perjuangan yang dilakukan Sultan Agung dapat diambil nilai-nilai karakter seperti semangat kebangsaan, kerja keras, religius dan rasa ingin tahu. Nilai-nilai tersebut disesuaikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berpedoman pada silabus yang disusun berdasarkan kurikulum 2013; (3) Penerapan nilai-nilai perjuangan Sultan Agung dapat diwujudkan dalam kegiatan belajar siswa seperti halnya semangat belajar. Nilai-nilai tersebut dapat membentuk karakter siswa dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa kajian nilai-nilai perjuangan Sultan Agung dalam pembelajaran sejarah Indonesia di SMA dapat diterapkan sebagai penguatan karakter.

Kata kunci: Sultan Agung, nilai-nilai perjuangan, pendidikan karakter

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Musa Pelu, S. Pd., M. Pd.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP