Penulis Utama : Sulastriningsih
NIM / NIP : K4416065
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan kreativitas siswa dan 2) meningkatkan  hasil  belajar  sejarah  siswa  di  kelas  X  MIPA  4  SMA  Batik  1 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan media Scrapbook.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus tindakan, dengan tiap siklus terdiri atas rencana tindakan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Batik 1 Surakarta semester II tahun pelajaran 2019/2020 dengan populasi sebanyak 43 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, angket, catatan lapangan dan tes. Uji validitas   data   menggunakan   teknik   triangulasi,   yaitu   triangulasi  data   dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Prosedur penelitian menggunakan model spiral.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan media Scrapbook dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas X MIPA 4 SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini ditunjukkan  dengan  meningkatnya  skor  rata-rata  kreativitas  siswa  pada  setiap tahap tindakan pembelajaran yang dilakukan. Pada tahap Pra Siklus pencapaian rata-rata kreativitas mencapai 70,03%. Setelah diadakan perbaikan melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan media Scrapbook skor rata-rata kreativitas siwa meningkat  menjadi 76,64% pada akhir siklus I, meningkat lagi menjadi 81,34% pada akhir siklus II, hasil kreativitas ini telah melampaui  indikator  capaian  yang  telah  ditetapkan  yaitu  80%;  (2)  penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan media Scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kognitif siswa pada setiap siklusnya. Pada tindakan pra siklus data siswa yang mencapai ketuntasan KKM 75 sebanyak 67%. Setelah dilakukan perbaikan pada tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 75% dan pada akhir tindakan siklus II menjadi 81%, hasil ini telah melampaui dari target indikator capaian yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa tuntas sehingga penelitian ini berakhir di Siklus II. Kesimpulan  dari penelitian  ini  adalah  penerapan  model  pembelajaran  Project Based  Learning  dengan  media  Scrapbook  dapat  meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa di kelas X MIPA 4 SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2019/2020.

Kata Kunci : Project Based Learning, Scrapbook, Kreativitas, Hasil Belajar

×
Penulis Utama : Sulastriningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4416065
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Media Scrapbook untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X MIPA 4 di SMA Batik 1 Surakarta Tahun 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Pendidikan Sejarah-K4416065-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Leo Agung S., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.