Penulis Utama : Yovie Irvandi Hilyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0316071
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Jaringan Sosial dan Kepercayaan terhadap Hubungan Timbal Balik Antara Pedagang Batik di Pasar Klewer Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP, Jur. Sosiologi-D0316071-2020
Subyek : JARINGAN SOSIAL, KEPERCAYAAN, HUBUNGAN TIMBAL BALIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan jaringan sosial dan kepercayaan terhadap hubungan timbal balik antara pedagang batik di Pasar Klewer Solo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Modal Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode eksplanatoris. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen utama berupa kuisioner, yang ditujukan kepada 96 responden yang merupakan populasi dari pedagang batik Pasar Klewer. Analisis data menggunakan statistik korelasi yang terdiri dari korelasi product moment, korelasi parsial product moment dan korelasi ganda dan dibantu dengan program SPSS 16.0.
B
erdasarkan hasil penelitian, pertama terdapat hubungan antara jaringan sosial dengan kepercayaan. Bahwa jaringan sosial yang berada didalam pasar tetap ada, tetapi kepercayaan antara satu dengan yang lain belum pada tingkat keyakinan dan keeratan yang maksimal. Kedua, terdapat hubungan antara jaringan sosial dengan hubungan timbal balik. Dengan kata lain, didalam pasar itu terdapat jaringan sosial yang mengikat antar pedagang memberikan kesadaran untuk saling membalas kebaikan baik berupa barang maupun jasa. Ketiga, ada hubungan antara kepercayaan dengan hubungan timbal balilk. Didalam pasar, ketika pedagang memberikan suatu pinjaman barang atau berhutang, hal tersebut sudah dilandasi rasa percaya antar satu sama lain. Keempat, adanya hubungan antara jaringan sosial dengan hubungan timbal balik tanpa melalui kepercayaan. Dengan kata lain, tanpa melalui kepercayaan pun hubungan tersebut sudah bersifat murni. Hal ini dikarenakan adanya norma yang mengatur jaringan sosial ataupun hubungan timbal balik yang dilakukan pedagang dalam berkegiatan sehari-hari seperti halnya kerjasama, utang piutang, saling membalas berupa jasa atau barang. Kelima, ada hubungan antara jaringan sosial, kepercayaan, dan hubungan timbal balik secara bersama-sama. Karena, didalamnya terdapat norma yang menyertai ketiga variabel tersebut, yang berlaku, dipercaya dan dipatuhi secara bersama-sama. Ini menunjukkan bahwa penelitian ini sesuai dengan teori modal sosial menurut Robert Putnam..
Dapat disimpulkan bahwa hubungan timbal balik dapat dikatakan baik apabila terdapat jaringan sosial yang baik.

Kata Kunci : Jaringan Sosial, Kepercayaan, Hubungan Timbal Balik

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. LV Ratna Devi Sakuntalawati, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP