Penulis Utama : Endah Puji Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh penurunan tingkat protein pakan yang disuplemen probiotik serbuk terhadap persentase karkas, lemak abdominal dan giblet ayam brolier jantan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian NIM.H0599039-2004
Subyek : MAKANAN TERNAK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Bahan pakan sumber protein umumnya adalah mahal. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menekan harga protein adalah dengan cara memanipulasi proses fermentasi dalam saluran pencernaan ayam yaitu dengan memanfaatkan probiotik dalam pakan sehingga kandungan protein dapat diturunkan. Suplementasi probiotik dalam pakan dapat meningkatkan efisiensi penggunaan ransum. Hal ini disebabkan karena probiotik dapat meningkatkan aktivitas enzimatis, meningkatkan aktivitas pencernaan, meningkatkan kecernaan ransum, kecernaan protein dan mineral.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penurunan tingkat protein pakan yang disuplementasi probiotik serbuk terhadap persentase karkas, lemak abdominal dan giblet ayam broiler jantan. Penelitian dilaksanakan di kandang unggas Program Studi Produksi Ternak Fakultas Pertanian UNS di Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Surakarta, pada tanggal 22 Desember 2003 sampai 3 Februari 2004. Penelitian ini menggunakan 20 ekor ayam yang diambil dari pemeliharaan 100 ekor ayam broiler jantan strain New Lohmann MB 202 Platinum yang mendapat perlakuan ransum. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan lima perlakuan, empat kelompok dengan masing-masing kelompok menggunakan lima ekor ayam yang dipelihara sampai umur 42 hari. Perlakuan yang diberikan adalah penurunan tingkat protein pakan yang diikuti dengan suplementasi probiotik serbuk 0,25% sehingga penurunan tinkat protein pakan pada (P0) 0%; (P1) 0,5%; (P2) 1%; (P3)1,5% dan (P4) 2%. Parameter yang diamati adalah bobot potong, bobot karkas, persentase karkas, persentase lemak abdominal dan persentase giblet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan tingkat protein pakan sampai  2% yang disuplementasi probiotik serbuk memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata terhadap bobot potong, bobot karkas, persentase karkas, persentase lemak abdominal dan persentase giblet. Dapat disimpulkan bahwa penurunan protein pakan sampai 2% yang disuplementasi probiotik serbuk masih memberikan hasil yang baik.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. Suharto, MS
2. Ir. Isti Astuti, MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian