Penulis Utama : Fatin Nurrohmah
NIM / NIP : D1517025
×

Abstrak

Arsip memegang peranan yang penting bagi perusahaan. Arsip memuat rekaman seluruh aktivitas yang pernah dilakukan oleh perusahaan. Dengan demikian, banyak informasi yang terkandung di dalamnya. Salah satu arsip yang tercipta di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Klaten yaitu arsip kepesertaan. Dari tahun ke tahun pendaftaran peserta BPJS Ketenagakerjaan semakin meningkat, sehingga volume arsip yang dihasilkan semakin banyak. Dengan begitu, terdapat peluang terhadap hilangnya arsip atau sulit ditemukan apabila sewaktu- waktu dibutuhkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan manajemen arsip. Dengan manajemen arsip dapat membantu jalannya kegiatan perusahaan menjadi lebih efisien.
Tujuan diadakannya pengamatan yaitu untuk mendeskripsikan manajemen arsip kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Klaten. Jenis pengamatan yang digunakan adalah pengamatan deskriptif kualitatif. Dengan jenis pengamatan tersebut, penulis dapat memaparkan secara jelas dan rinci melalui pendeskripsian berupa kata-kata atau kalimat yang menggambarkan masalah yang diamati. Untuk teknik pengumpulan data dalam pengamatan ini yaitu dengan cara observasi, wawancara dengan pegawai penata madya umum dan kearsipan, serta dengan mengkaji arsip-arsip kepesertaan.
Dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa tahapan manajemen arsip kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Klaten meliputi penerimaan dan pencatatan, penyimpanan, pemeliharaan, penemuan kembali arsip, penyusutan dan pemusnahan. Dalam manajemen arsip kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Klaten masih ditemui beberapa kendala diantaranya kurangnya jumlah pegawai kearsipan dan pegawai kearsipan kurang terampil. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut yaitu dengan cara merekrut pegawai secara kontrak dan mengikuti sosialisasi pengelolaan arsip yang diselenggarakan oleh kantor pusat.

Kata kunci : Manajemen Arsip, Kepesertaan, BPJS Ketenagakerjaan

 

×
Penulis Utama : Fatin Nurrohmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1517025
Tahun : 2020
Judul : Manajemen Arsip Kepesertaan pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS – Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Manajemen Administrasi – D1517025- 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Priyanto Susiloadi, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.