Penulis Utama : Rosana Cahyaningrum
NIM / NIP : D1517075
×

Abstrak

Meningkatnya pendapatan rumah sakit sangat penting untuk membantu pendapatan daerah Provinsi Jawa Timur karena setiap pendapatan yang masuk akan langsung disetor kepada daerah untuk diolah menjadi pendapatan negara dan dialokasikan untuk menunjang sarana dan prasarana masyarakat indonesia. Pendapatan rumah sakit juga menentukan anggaran yang akan diberikan pemerintah kepada instansi.

Tujuan pengamatan dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui sistem informasi pendapatan rumah sakit di RSUD dr. Soedono Madiun. Jenis pengamatan yang dilakukan adalah pengamatan deskriptif kualitatif, dimaksudkan untuk mendeskripsikan , memaparkan dan menganalisis sistem informasi pendapatan rumah sakit. Teknik pengumpulan data dalam penulisan ini adalah dengan wawancara dengan staff   bagian keuangan RSUD dr. Soedono Madiun, observasi pengamatan selama magang, mempelajari pengelolaan pendapatan rumah sakit, dan data kepustakaan.

Berdasarkan hasil pengamatan pada RSUD dr. Soedono Madiun, dapat diketahui bahwa sistem informasi pendapatan rumah sakit terdiri dari beberapa unsur. Unsur masukan menjelaskan data-data sumber pendapatan, proses menjelaskan pengelolaan atau penginputan pendapatan yang masuk dan menghasilkan keluaran berupa dokumen atau kwitansi yang digunakan sebagai hasil final transaksi.

Kunci: Sistem, Sistem Informasi, Pendapatan Rumah Sakit

 

×
Penulis Utama : Rosana Cahyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1517075
Tahun : 2020
Judul : Sistem Informasi Pendapatan Rumah Sakit di RSUD dr. Soedono Madiun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS – Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Manajemen Administrasi – D1517075- 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Priyanto Susiloadi, M. Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.