Penulis Utama : Anastasia Sabanari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1617005
Tahun : 2020
Judul : Peranan Tim Media Eksternal Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dalam Membangun Tingkat Kepercayaan Publik untuk Mewujudkan Transparansi Informasi Pelayanan Publik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS – Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Komunikasi Terapan – D1617005- 2020
Subyek : PERANAN, MEDIA EKSTERNAL, HUMAS
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Kuliah Kerja Media (KKM) atau biasa disebut dengan magang merupakan kegiatan akademik yang memiliki bobot empat SKS. Kegiatan magang sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu tentang humas yang di dapat dibangku perkuliahan dan sekaligus menjadi pengalaman dalam terjun langsung ke dunia kerja. Penulis melaksanakan kegiatan magang di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Republik Indonesia selama dua bulan dan ditempatkan di Direktorat Hukum dan Humas, Subdirektorat Hubungan Masyarakat. Penulis memilih magang di instansi pemerintahan karena ingin mengetahui lebih dalam tentang cara kerja humas di pemerintahan, terlebih lagi sebelumnya penulis melakukan kunjungan ke DJKN dan melihat secara langsung bagaimana para pegawai bekerja dan bagaimana suasana lingkungan kerja, kemudian penulis memutuskan untuk melakukan program magang di DJKN.

Hubungan masyarakat merupakan terjemahan bebas dari Public Relations. Humas memiliki peranan yang sangat penting dalam lembaga atau organisasi yang bersifat komersial maupun tidak komersial mulai dari perusahaan, institusi pendidikan, organisasi sosial budaya, organisasi profesi hingga instansi pemerintahan. Secara umum peran humas adalah sebagai jembatan antara instansi atau perusahaan dengan publik atau masyarakat yaitu menyampaikan informasi, visi misi dan program dari instansi atau perusahaan. Salah satu tugas humas adalah menyampaikan informasi dan menjalin komunikasi hubungan yang baik dengan publik eksternal dengan menggunakan media komunikasi eksternal.

Media komunikasi eksternal adalah media komunikasi yang digunakan untuk menjalin hubungan dan menyampaikan informasi dengan pihak-pihak yang berada diluar organisasi. Kegiatan media komunikasi eksternal terdiri dari:

•    Media gathering, kegiatan antara direksi organisasi dengan media dalam acara informal untuk mempererat hubungan.

•    Media briefing, kegiatan rutin dalam pengarahan dari pimpinan organisasi kepada media.

•    Media touring, kegiatan media mengunjungi lokasi organisasi. Media diundang dan dipilih oleh organisasi.

•    Media visit, kegiatan humas dalam mengunjungi kantor media untuk menjalin relasi yang saling menguntungkan.

•    Rilis kehumasan, adalah dokumen yang dsebarluaskan oleh organisasi atau instansi dengan tujuan isinya dikutip oleh beberapa media massa dalam pemberitaan, khususnya melalui televisi, radio, majalah, dan lain sebagainya.

DJKN merupakan instansi pemerintah yang menerapkan sistem transparansi dalam memberikan informasi kepada publik. Hal ini diterapkan dengan menggunakan media komunikasi eksternal yaitu khususnya rilis kehumasan yang diunggah pada website DJKN, sehingga publik dapat mengetahui informasi secara cepat, mudah, dan efisien dalam penggunaan waktu.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deniawan Tommy Chandra W., S.Sos., M.I.Kom
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi