Penulis Utama : Fintya Chahyaningrum
NIM / NIP : I8317008
×

Abstrak

Sepatu merupakan salah satu jenis alas kaki yang peranannya sangat penting. Namun intensitas penggunaan sepatu yang tinggi menyebabkan sepatu terlihat kusam dan menimbulkan bau tidak sedap. Tujuan tugas akhir ini adalah  membuat shoes cleaner and sanitizer spray dengan memanfaatkan ekstrak daun bambu tali sebagai antibacterial agent serta menggunakan H2O2 sebagai bahan dry cleaning yang digunakan sebagai agen pembersih.
Serbuk daun bambu tali kering yang kadar airnya berkurang sebesar 60,73% dimaserasi dengan etanol 70% dengan perbandingan 1:10 selama 5x24 jam, selanjutnya disaring menggunakan kain saring hingga diperoleh filtrat. Filtrat kemudian dievaporasi untuk menghilangkan kandungan etanol dengan menggunakan rotary vacuum evaporator pada suhu 50°C hingga volumenya berkurang ± 80?ri larutan yang dievaporasikan. Ekstrak daun bambu tali kemudian ditambahkan dengan hidrogen peroksida 3% sebanyak 20% serta bahan penunjang berupa akuades sebesar 63% dan pewangi sebesar 1?ri total volume produk. Sampel shoes clener and sanitizer dibuat dengan 3 variasi komposisi ekstrak daun tali yaitu sampel 1 dengan komposisi 4% ekstrak daun bambu tali, sampel 2 dengan komposisi 10% ekstrak daun bambu tali, dan sampel 3 dengan komposisi 16% ekstrak daun bambu tali terhadap volume produk.
Pengujian yang dilakukan terhadap ekstrak daun bambu tali adalah analisis fitokimia. Pengujian yang dilakukan terhadap produk adalah analisa densitas, viskositas, pengujian organoleptik dan pengujian daya hambat bakteri. Hasil analisis fitokimia menunjukkan bahwa kandungan antibakteri pada ekstrak daun bambu tali adalah saponin, tanin, dan flavonoid. Pengujian shoes cleaner and sanitizer spray secara organoleptik dan pengujian efektivitas antibakteri pada sampel terhadap Escherichia coli menunjukkan bahwa hasil optimum dicapai oleh sampel 3 dengan komposisi ekstrak sebesar 16%, komposisi hidrogen peroksida sebesar 20%, komposisi akuades sebesar 63%, dan komposisi pewangi sebesar 1% terhadap volume produk sebesar 50 mL.
Dari hasil analisis ekonomi diperoleh Percent Return of Investment (ROI) sebesar 99,32%, Pay Out Time (POT) selama 1 bulan atau 30 hari, dan Break Event Point ( BEP) sebesar 85,91% . Berdasarkan hasil evaluasi diatas maka produk shoes cleaner and sanitizer spray sangat baik digunakan sebagai produk untuk berwirausaha.

×
Penulis Utama : Fintya Chahyaningrum
Penulis Tambahan : 1. Widya Kurniati Novitaningrum
NIM / NIP : I8317008
Tahun : 2020
Judul : Pembuatan Shoes Cleaner and Sanitizer Spray dari Ekstrak Daun Bambu Tali (Gigantochloa Apus)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : D-3 Teknik Kimia Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Prog. DIII Teknik Kimia-I8317008-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mujtahid Kaavessina, S.T., M.T., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.