Penulis Utama : Ivan Maulana Raharja
NIM / NIP : I8617021
×

Abstrak

Mesin pencacah bonggol/limbah ketela merupakan mesin yang dirancang untuk membantu dan mempermudah kerja peternak sapi dengan desain mesin yang lebih efektif dan fleksibel. Mesin pencacah bonggol ketela digunakan untuk menghancurkan bonggol ketela menjadi serpihan-serpihan lembut. Serpihan lembut hasil cacahan akan digunakan sebagai pakan tambahan untuk sapi.

Tujuan dari proyek akhir perancangan mesin pencacah bonggol ketela adalah menghitung, merancang, dan membuat sistem poros pada mesin pencacah bonggol ketela. Mesin pencacah bonggol ketela telah berhasil dibuat dan diuji coba. Mesin pencacah bonggol ketela mempunyai spesifikasi panjang 578 mm, lebar 503 mm, dan tinggi 806 mm dengan kapasitas cacahan bonggol ketela sebanyak 24 Kg per 1 jam. Kecepatan putar poros mesin pencacah bonggol ketela adalah 1440 rpm. Hasil dari perhitungan daya mesin pencacah bonggol ketela diperoleh daya sebesar 6,5 hp.

Perancangan sistem poros pada mesin pencacah bonggol ketela menghasilkan perhitungan statika dengan nilai bending momen maksimal sebesar 40,35 Nm. Hasil bending maksimal digunakan untuk menghitung diameter poros. Dari hasil perhitungan bending momen maksimal didapatkan nilai diameter poros sebesar 13,8 mm. Mesin pencacah bonggol ketela menggunakan poros dengan material ST 60 berdiameter 25 mm, maka poros ST60 yang digunakan pada mesin pencacah bonggol ketela dinyatakan aman.


Kata Kunci : Mesin pencacah, bonggol ketela, pakan ternak, poros

×
Penulis Utama : Ivan Maulana Raharja
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8617021
Tahun : 2020
Judul : Mesin Pencacah Bonggol/Limbah Ketela (Poros)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Otomotif
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Prog. DIII Teknik Mesin-I8617007-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nurul Muhayat, S.T.,M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.