Penulis Utama : Mukmin Alim Hakim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8617027
Tahun : 2020
Judul : Perancangan Poros pada Shaker Table Test Proyek Akhir
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Prog. DIII Teknik Mesin-I8617027-2020
Subyek : SHAKER TABLE TEST
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Shaker table test merupakan suata alat uji ketahan kontruksi bangunan terhadap beban dinamik. Shaker table test memanfaatkan mekanisme engkol sehingga meja getar (shaking table) menghasilkan gerak translasi yang ditransmisikan ke beban gedung sebagai beban dinamik. Pergerakan meja yang mendatar didasari dengan adanya relay yang disebut dengan linier guide. Parameter-parameter yang digunakan pada alat ini adalah arah gaya yang dapat diatur menjadi 0°,45° dan 90° serta beban maksimal gedung yaitu 1000 kg.
Poros merupakan salah satu komponen penting pada shaker table test. Komponen tersebut berfungsi untuk mentransmisikan daya dari motor listrik yang disalurkan ke plat connecting sehingga plat connecting berputar. Connecting rod yang terpasang pada plat connecting meghasilkan gaya translasi maju mundur sehingga terjadi gaya tarik dan dorong pada poros penghubung papan yang menyebabkan papan uji bergerak translasi maju mundur. Tujuan perancangan poros pada shaker table test agar shaker table test dapat beroperasi dengan baik dan aman.
Pada mesin ini menggunakan tiga buah poros. Dimensi poros satu  memiliki ukuran diameter 30 mm dengan panjang 250 mm. Dimensi poros dua  memiliki ukuran diameter 45 mm dengan panjang 105 mm. Sedangkan dimensi poros tiga  memiliki ukuran diameter 26 mm dengan panjang 120 mm. Material yang digunakan untuk poros tersebut adalah Besi ST 37.

Kata Kunci : Shaker Table Test, Alat Uji Bangunan, Linier Guide, Poros, Besi ST37

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ubaidillah, S.T., M.Sc., Ph.D.
2. Dr. Wahyu Purwo Raharjo, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik