Penulis Utama : Anoga Vidia Masruroh
NIM / NIP : K4614020
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar pencak silat Peserta Didik Kelas XI IPA 2 MAN 2 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 2 MAN 2 Surakarta yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 25 siswa putra. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari  guru, siswa dan  peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi atau arsip berupa foto. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik persentase.
Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar teknik dasar pencak silat dari Pra Tindakan ke Siklus I dan dari Siklus I ke Siklus II. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar Pra Tindakan hasil belajar teknik dasar pencak silat peserta didik yang tuntas sebesar 40% dan tidak tuntas sebesar 60% dengan rincian jumlah peserta didik yang tuntas adalah 10 peserta didik dan tidak tuntas adalah 15 peserta didik. Pada siklus I peserta didik yang tuntas  mencapai 68% dengan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 17 peserta didik. Sedangkan pada siklus II peserta didik yang tuntas mencapai 88% dengan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 22 peserta didik. Simpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar pencak silat peserta didik kelas XI IPA 2 MAN 2 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020.
Simpulan penelitian ini adalah hasil belajar teknik dasar pencak silat setelah melakukan beberapa siklus dapat dikategorikan baik. Maka dari itu program latihan yang baik, jelas, dan tersusun akan meningkatkan kualitas teknik dasar dan prestasi bagi peserta didik.

Kata kunci: Hasil Belajar, Teknik Dasar Pencak Silat, Media Audio Visual

 

×
Penulis Utama : Anoga Vidia Masruroh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4614020
Tahun : 2020
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Pencak Silat Melalui Media Pembelajaran Audio Visual Pada Peserta Didik Kelas XI IPA 2 MAN 2 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Keolahragaan - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Keolahragaan, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4614020-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Waluyo M.Or
2. Tri Winarti Rahayu S.Pd, M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.