Penulis Utama : Wahyu Dina Safira
NIM / NIP : I8716031
×

Abstrak

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Mojosongo berlokasi di Kampung Sabrang Lor, Surakarta. Melayani dan mengolah air limbah rumah tangga pada kawasan utara Surakarta meliputi dari Perumnas Mojosongo, Kelurahan non Perumnas Mojosongo, Kelurahan Kadipiro, Kelurahan Mojosongo, dan Kelurahan Nusukan.  Pengolahan air limbah di IPAL Mojosongo dilakukan oleh PDAM Kota Surakarta.
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kinerja bak pengendap pada IPAL Mojosongo dan memprediksi kinerja bak pra – sedimentasi terutama debit masukan di IPAL Mojosongo berdasarkan proyeksi pertumbuhan jumlah penduduk dan jumlah pelanggan air limbah di wilayah pelayanan dalam 20 tahun mendatang.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa debit masukan IPAL Mojosongo dalam 20 tahun mendatang berdasarkan jumlah penduduk sebesar 139,66 L/detik dan berdasarkan jumlah pelanggan sebesar 91,96 L/detik. Kinerja bak pra – sedimentasi berdasarkan nilai efisiensi pengolahan dari hasil uji kualitas air limbah adalah 5.6?isiensi BOD5 dan 9,4?isiensi COD. Sedangkan waktu tinggal atau hydrolic retention time (HRT) bak pra – sedimentasi adalah 1 jam 12 menit. Pendeknya waktu tinggal pada bak pra – sedimentasi ini dipengaruhi oleh kapasitas bak pra – sedimentasi yang kecil. Dengan memfungsikan kembali bak pra – sedimentasi yang sudah ada dan mengembangkan kapasitas, maka volume pada bak pra – sedimentasi dapat bertambah, sehingga IPAL Mojosongo akan mampu mengolah air limbah hingga dua puluh tahun mendatang.

Kata Kunci : IPAL, Mojosongo, bak pra – sedimentasi

×
Penulis Utama : Wahyu Dina Safira
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8716031
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Kinerja Bak Pra - Sedimentasi pada Instalasi Pengolahan Air Limbah Mojosongo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Infrastruktur
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Prog. DIII Teknik Sipil-I8716031-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Budi Utomo, M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.