Penulis Utama : Alfi Rahmi
NIM / NIP : I8717001
×

Abstrak

Kegiatan penataan ruang dan penyusunan kawasan perkotaan perlu diselenggarakan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Penataannya didasarkan pada potensi alam, perkembangan kegiatan sosial ekonomi yang ada, serta kelestarian lingkungan hidup di masa yang akan datang. Kecamatan Kartasura merupakan salah satu daerah satelit Kabupaten Sukoharjo dan menjadi kawasan terpadat diantara 12 kecamatan lain dengan tingkat kepadatan 5.639 jiwa/km2. Kabupaten Sukoharjo memilik angka kepadatan penduduk yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan kota disekelilingnya. Keberadaan ruang terbuka yang minim menjadi salah satu faktor tingginya tekanan pada kawasan padat penduduk. Pemanfaatan lahan tidur untuk dijadikan falitas publik berwujud taman rekreasi berbasis ruang terbuka hijau di harapkan mampu memperbaiki tata ruang pada daerah yang memiliki tingkat kepadatan tinggi.
Perencanaan Alih fungsi lahan bekas Terminal Kartasura menjadi taman lalu lintas berbasis ruang terbuka hijau ini menggunakan metode literatur, data-data dari pihak atau instansi terkait, pengamatan langsung di lapangan dan peraturan-peraturan yang dapat diterapkan dalam perencanaan.
Hasil Rencana Anggaran Biaya (RAB) total untuk perencanaan Alih Fungsi Lahan Terminal Kartasura menjadi Taman Lalu Lintas Berbasis Ruang Terbuka Hijau  adalah Rp. 2.452.000.000,00. Perencanaan alih fungsi lahan bekas terminal kartasura menjadi taman lalu lintas berbasis ruang terbuka hijau berada dilahan seluas 16.669,32 m2. Terdapat wahana kereta api, halte mini, dan ornamen lalu lintas sebagai media edukasi dan rekreasi.

Kata Kunci : Ruang Terbuka Hijau, Taman Lalu Lintas, Taman

×
Penulis Utama : Alfi Rahmi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8717001
Tahun : 2020
Judul : Alih Fungsi Lahan Bekas Terminal Kartasura Menjadi Taman Lalu Lintas Berbasis Ruang Terbuka Hijau
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Infrastruktur
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Prog. DIII Teknik Sipil-I8717001-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Kuswanto Nurhadi, MSP.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.