Penulis Utama : Aditya Ramadhan
NIM / NIP : K4615004
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan latihan drill mengunakan raket beban terhadap keterampilan drive pada pemain bulutangkis usia 9-14 tahun di PB. ALL STAR Karanganyar tahun 2019.
Penelitian ini merupakan penelitian  eksperimen. Metode yang digunakan adalah one-group pretest-posttest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pengampilan sampel berdasarkan kriteria tertentu, dimana kriteria yang digunakan adalah atlet di  PB. ALL STAR Karanganyar berusia 9-14 tahun, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 20 atlet.. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data menggunakan pree test dengan wall voley test. Teknik analisis yang dilakukan adalah uji-t menggunakan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan keterampilan pukulan drive bulutangkis  backhand menggunakan latihan drill menggunakan raket beban   yakni awalnya sebesar 18.53 menjadi 28.255 peningkatan sebesar 9.735(52.536%) dibuktikan dengan nilai  probabilitas uji statistik sebesar 0.000< 0>Jadi, dari hasil penelitian pengaruh latihan drill menggunakan raket beban dengan alat ukur wall volley test pada pemain bulutangkis usia 9-14 tahun, bisa ditarik kesimpulan siswa mengalami peningkatan yang signifikan, sehingga penerapan latihan drill menggunakan raket beban ini berpengaruh terhadap kemampuan drive bulutangkis anak usia 9-14 tahun.

Kata kunci : Meningkatkan keterampilan drive bulutangkis dengan latihan drill menggunakan raket beban

 

×
Penulis Utama : Aditya Ramadhan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4615004
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Latihan Drill Menggunakan Raket Beban Terhadap Keterampilan Pukulan Drive Bulutangkis pada Pemain Usia 9-14 Tahun di PB All Star Karanganyar Tahun 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Keolahragaan - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Keolahragaan, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4615004-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djoko Nugroho,S.Pd.,M.Or
2. Manshuralhudlori, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.