Penulis Utama : Betaolis Ndaru Permadibet
NIM / NIP : K4615026
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil dan keadaan kelas khusus olahraga yang  berada di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Surakarta yang berapa dibawah pengawasan  Dinas Pendidikan dan Dinas Kepemudaan dan Olahraga tahun 2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengurus, pelatih, dan siswa Kelas Khusus Olahraga SMP Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survey. Teknik pengumpulan data dengan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu kualitatif melalui kesimpulan dari presentase.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan, profil kelas khusus olahraga SMP Negeri 1 Surakarta tahun 2018 sebagai berikut; organisasi bejalan cukup baik dengan adanya struktur kepengurusan, visi, misi, dan tujuan yang jelas. Pembinaan siswa terlaksana dengan baik dari proses selaksi sampai kebutuhan gizi semua diawasi langsung dari DISPORA Kota Surakarta. Keberadaan siswa terpusat dikomplek stadion manahan. Setiap cabor didampingi oleh para pelatih profesional. Sarana prasarana sedikit terkendala karena komplek stadion manahan sedang dalam proses renovasi. Pelatih memberikan program latihan yang sesuai dengan porsi yang dibutuhkan para siswa. Banyak prestasi yang telah diraih para siswa namun masih ada beberapa siswa yang belum memiliki kesadaran untuk lebih meningkatkan prestasinya. Silabus dan kurikulum yang digunakan tidak berbeda dengan sekolah lain, yang membedakan hanya jadwal pelajarannya saja.Jadi secara keseluruhan pelaksanaan KKO SMP Negeri 1 Surakarta tahun 2018 cukup baik hanya sedikit terkandala pada sarana prasarana dan kurangnya motivasi pada beberapa siswa untuk belajar dan berlatih lebih giat.

Kata Kunci : KKO SMP Negeri 1 Surakarta, Dinas Pendidikan, dan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Surakarta

 

×
Penulis Utama : Betaolis Ndaru Permadibet
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4615026
Tahun : 2020
Judul : Profil Kelas Khusus Olahraga Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 ( SMP N 1) Surakarta Dinas Pendidikan dan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Tahun 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Keolahragaan - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Keolahragaan, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4615026-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djoko Nugroho, S.Pd., M.Or.
2. Dr. Singgih Hendarto., S.Pd.,M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.