Penulis Utama : Fitri Nur Rohmawati
NIM / NIP : K4615044
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli pada peserta didik kelas V SD Negeri 3 Sragen Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 3 Sragen berjumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 13 peserta didik putra dan 17 peserta didik putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi atau arsip berupa foto. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik persentase. Prosedur penelitian berupa siklus pembelajaran yang saling berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode Penerapan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah BolaVoli Peserta Didik dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada pratindakan tidak menggunakan metode Pendekatan Bermain untuk membantu peserta didik dalam mempelajari gerakan passing bawah bolavoli sehingga keterampilan passing bawah bolavoli peserta didik masih rendah dan hasil belajar passing bawah bolavoli peserta didik kurang maksimal. Hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, peserta didik yang tuntas mencapai 70,00%, sedangkan pada siklus II mencapai 87.00%.
Simpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode Penerapan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah BolaVoli Peserta Didik Kelas V SD Negeri 3 Sragen Tahun Ajaran 2019/2020.

Kata kunci: Hasil Belajar, Passing Bawah Bolavoli, Pendekatan Bermain

 

×
Penulis Utama : Fitri Nur Rohmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4615044
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 3 Sragen Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Keolahragaan - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Keolahragaan, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4615044-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agus Mukholid, M.Pd
2. Manshuralhudlori, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.