Penulis Utama : Fenima Brillianti Maudi
NIM / NIP : K4616039
×

Abstrak

Identifikasi cedera dalam PJOK dan pencegahan di Sekolah Dasar se-Kecamatan  Sukadana didapati beberapa permasalahan yakni belum diketahui tingkat resiko terhadap cedera saat pembelajaran PJOK dan cara pertolongan terhadap cedera saat pembelajaran PJOK . Dari kedua permasalahan tersebut ada faktor penyebab seperti kondisi sarana dan prasarana, kondisi lingkungan sekolah, karakteristik anak dan pengetahuan guru. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui cedera yang pernah terjadi dan pengetahuan guru pada pertolongan terhadap cedera saat pembelajaran PJOK di sekolah dasar se-Kecamatan Sukadana. Pada penelitian ini peneliti melakukan analisis cara pertolongan yang tepat oleh guru PJOK sekolah dasar se-Kecamatan Sukadana terhadap cedera dan cedera yang pernah terjadi dengan menggunakan teori-teori dari berbagai ahli tentang jenis cedera, faktor cedera, dan cara penanganan yang tepat terhadap cedera.
Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi model concurrent embedded (campuran tidak berimbang) yakni metode penelitian yang menggabungkan antara metode penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif dengan cara mencampur kedua metode tersebut secara tidak seimbang. Peneliti menggunakan dua jenis data yakni data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan informan  menggunakan teknik sampling jenuh dengan informan guru PJOK sekolah dasar se-Kecamatan Sukadana. Data yang diperoleh dari hasil pengisian kuisioner dan observasi partisipan pasif, kemudia dianalisis dan diuji validitas data dengan menggunakan member cek.
Hasil penelitian ini, guru PJOK berperan penting dalam meminimalisir dan menangani siswa yang mengalami cedera  saat pembelajaran PJOK di sekolah dasar se-Kecamatan Sukadana.  Secara keseluruhan, guru PJOK memiliki pengetahuan yang baik dalam menangani cedera saat pembelajaran, serta untuk cedera yang pernah terjadi lebih dominan pada cedera ringan. Salah satu faktornya yakni materi pembelajaran yang masih dasar dan tidak banyak mempelajari teknik-teknik yang sulit. Selain itu, untuk cedera sedang disebabkan karena faktor kondisi siswa yang berbeda-beda seperti memiliki riwayat penyakit, dan kurang fit kondisi tubuh siswa.

Kata kunci: Identifikasi cedera, pengetahuan guru PJOK, siswa.

 

×
Penulis Utama : Fenima Brillianti Maudi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4616039
Tahun : 2020
Judul : Identifikasi Cedera Dalam PJOK dan Pencegahan di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat Tahun 2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Keolahragaan - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Keolahragaan, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4616039-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hanik Liskustyawati, M.Kes.
2. Djoko Nugroho, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.