Penulis Utama : Imron Kurniawan
NIM / NIP : K4616048
×

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Drills dan Small Sided Games Terhadap Keterampilan Dribbling Sepak Bola Pada Siswa U-13 Tahun Di Sekolah Sepak bola Harimau Bekonang Tahun 2020.
Subjek penelitian ini menggunakan 30 siswa U-13 Tahun pada Sekolah Sepak Bola Harimau Bekonang. Sumber data adalah data sekunder. Laporan ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan Program SPSS 20.
Keterampilan driblling pada tes awal (pre test) sebelum diberikan treatment berupa latihan dengan menggunakan metode latihan drills dan Small Sided Games diketahui bahwa rata-rata keterampilan driblling yang didapatkan metode latihan drills sebesar 18,020 detik dengan nilai keterampilan maksimum sebesar 19,3 detik dan nilai keterampilan minimum yang didapatkan sebesar 17,1 detik. Kemudian pada Tes awal (pre test) rata-rata keterampilan driblling yang didapatkan metode latihan Small Sided Games sebesar 18,133 detik dengan nilai keterampilan maksimum sebesar 19,7 detik dan nilai keterampilan minimum 17,1. Lalu pada tes akhir (post test) dengan metode latihan drills diperoleh mean sebesar 16,827 detik, perolehan maksimum sebesar 17,6 detik dan perolehan minimum sebesar 16,1 detik. Sedangkan pada tes akhir metode latihan Small Sided Games diperoleh mean sebesar 17,320 detik maksimum 19,5 detik dan minimum 16,2 detik.  Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan, diketahui selisih antara pre tes dan post test mean pada metode latihan Drills sebesar 1,193 detik, nilai maksimum sebesar 1,7 detik dan pada nilai minimum sebesar 1,00 detik. Sedangkan pada metode latihan Small Sided Games diperoleh selisih mean adalah 0,813 detik, maksimum sebesar 0,2 detik dan minimum sebesar 0,9 detik.
Simpulan pada penelitian ini (1) menunjukan bahwa ada perbedaan pengaruh antara Metode Latihan Drills dan Metode Latihan Small Sided Games Terhadap Keterampilan Dribbling Sepak Bola Pada Siswa U-13 Tahun Di Sekolah Sepak Bola Harimau Bekonang. (2) menunjukan bahwa Metode Latihan Drills lebih baik daripada Metode Latihan Small Sided Games. Karena, Metode Latihan Drills memiliki menit yang lebih rendah.

Kata Kunci : Keterampilan Dribbling Sepak Bola, Metode Drills dan Small Sided Games

 

×
Penulis Utama : Imron Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4616048
Tahun : 2020
Judul : Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Drills dan Small Sided Games Terhadap Keterampilan Dribbling Sepak Bola pada Siswa U-13 Tahun di Sekolah Sepak Bola Harimau Bekonang Tahun 2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Keolahragaan - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Keolahragaan, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4616048-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Kes.
2. Pomo Warih Adi, S.Pd., M.Or.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.