Penulis Utama : Salma Faizatunnikmah
NIM / NIP : K4616077
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengidentifikasi kondisi tingkat partisipasi masyarakat dalam berolahraga di Kabupaten Wonogiri; (2) Untuk mengidentifikasi tingkat pembangunan olahraga dalam indeks partisipasi olahraga di Kabupaten Wonogiri; (3) Untuk mengidentifikasi komparasi dari tingkat partisipasi masyarakat dalam berolahraga di Kabupaten Wonogiri pada tahun 2017 dan 2020.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian deskriptif dan komparatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah stratified random sampling dengan cluster sampling, sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah Kecamatan Wonogiri sebagai kecamatan dengan kepadatan penduduk tinggi, Kecamatan Slogohimo sebagai kecamatan dengan kepadatan penduduk menengah dan Kecamatan Pracimantoro sebagai kecamatan dengan kepadatan penduduk rendah serta terbagi dalam kelompok usia dan jenis kelamin, dengan jumlah total 270 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik kuisioner (angket). Uji reabilitas dalam penelitian ini berpedoman pada instrumen SDI sebagai instrumen untuk mengukur hasil pembangunan olahraga yang sudah dipercayai karena sudah dipatenkan dalam buku Sport Development Index tahun 2007 oleh Cholik dan Maksum . Uji validitas alat ukur yang digunakan merupakan standar yang telah ditetapkan dalam Sport Development Index (SDI). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) indeks partisipasi olahraga di Kabupaten Wonogiri adalah 0,388. Indeks tersebut didapatkan dengan cara menggabungkan indeks partisipasi olahraga Kecamatan Wonogiri sebesar 0,588, indeks partisipasi olahraga Kecamatan Slogohimo sebesar 0,488, dan indeks partisipasi Kecamatan Pracimantoro sebesar 0,477. Indeks partisipasi olahraga Kabupaten Wonogiri menunjukkan bahwa tingkat partisipasi olahraga termasuk dalam kategori rendah, (2) Komparasi partisipasi olahraga Kabupaten Wonogiri tahun 2017 dengan tahun 2020 adalah partisipasi olahraga tahun 2017 sebesar 0,237 sedangkan partisipasi olahraga tahun 2020 sebesar 0,388 yang artinya partisipasi olahraga di Kabupaten Wonogiri tahun 2020 mengalami peningkatan dan lebih baik dari pada tahun 2017,  (3) Pembangunan olahraga Kabupaten Wonogiri ditinjau dari partisipasi olahraga masih jauh dari predikat baik atau maju, banyak hal yang perlu diperhatikan dan dibenahi oleh pemerintah Kabupaten Wonogiri.

Kata kunci : Sport Development Indeks, Partisipasi Olahraga, Komparasi.

 

×
Penulis Utama : Salma Faizatunnikmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4616077
Tahun : 2020
Judul : Studi Komparasi Indeks Partisipasi Olahraga di Kabupaten Wonogiri pada Tahun 2017 dan Tahun 2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Keolahragaan - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Keolahragaan, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4616077-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djoko Nugroho, S.Pd., M.Or.
2. Waluyo, S.Pd, M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.