Penulis Utama : Ayuning Tias Lila Agustin
NIM / NIP : K7116029
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak teks deskripsi pada peserta didik kelas II SD Negeri Pajang 2 No. 171 Surakarta tahun ajaran 2019/2020. Alternatif yang digunakan yaitu melalui penggunaan strategi Directed Listening Thinking Activity (DLTA). Hal ini dikarenakan strategi Directed Listening Thinking Activity (DLTA) memiliki langkah pembelajaran yang cocok untuk menunjang keterampilan menyimak.   
Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah 26 peserta didik kelas II SD Negeri Pajang 2 No. 171 Surakarta tahun ajaran 2019/2020. Prosedur penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2  pertemuan. Setiap siklus dalam penelitian ini memiliki 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan,  pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, tes keterampilan menyimak teks deskripsi, dan analisis dokumen. Validitas data yang digunakan pada penelitian ini yaitu validitas isi, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data Kualitatif pada penelitian ini dianalisis menggunakan model analisis interaktif (model Miles dan Huberman), sedangkan data kuantitatif pada penelitian ini dianalisis menggunakan model deskriptif komparatif. 
Hasil dari penelitian ini adalah nilai rata-rata klasikal dari tes keterampilan menyimak teks deskripsi peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II. Ratarata klasikal dari siklus I adalah 64,71 dengan persentase kentuntasan klasikal sebesar 53,84%, nilai rata-rata tersebut meningkat menjadi 73,46 dengan persentase kentuntasan klasikal sebesar 84,61% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa strategi Directed Listening Thinking Activity (DLTA) dapat meningkatkan keterampilan menyimak teks deskripsi peserta didik kelas II SD Negeri Pajang No. 171 Surakarta tahun ajaran 2019/2020. 

Kata Kunci: Keterampilan Menyimak Teks Deskripsi, strategi Directed Listening Thinking Activity (DLTA), Sekolah Dasar

×
Penulis Utama : Ayuning Tias Lila Agustin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116029
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Strategi Directed Listening Thinking Activity (DLTA) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Teks Deskripsi (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas II SD Negeri Pajang 2 No. 171 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi : 119 p.: ilus.; tab.; bib.; 28 cm.
Sumber : UNS-Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M.Hum.
2. Drs. Tri Budiharto, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.