Penulis Utama : Dewi Ayu Asari
NIM / NIP : K7116036
×

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun peserta didik kelas V SD Negeri Kerten 2 dengan menggunakan metode sugesti imajinasi. 

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas V SD Negeri Kerten 2 yang berjumlah 11 peserta didik. Sumber data ialah peserta didik dan guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi dan validitas isi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif menurut Miles and Huberman. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode sugesti imajinasi dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun dari prasiklus hingga siklus 3. Skor aspek penilaian pantun peserta didik mengalami peningkatan yang meliputi struktur meningkat 46,36%, kesesuaian isi 33,63% dan penggunaan bahasa 16,36%. Selain itu, peserta didik lebih berantusias dalam mengikuti pembelajaran.  Hasil akhir siklus 3 diperoleh data 9 peserta didik atau 81% peserta  didik mendapat nilai diatas KKM. 

Kata kunci : keterampilan menulis, pantun, sugesti imajinasi 

×
Penulis Utama : Dewi Ayu Asari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116036
Tahun : 2020
Judul : Penggunaan Metode Sugesti Imajinasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Peserta Didik Kelas V (Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Kerten 2 Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi : 70 p.: ilus.; tab.; bib.; 28 cm.
Sumber : UNS-Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd.
2. Joko Daryanto, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.