Penulis Utama : Shara Asrinda Kusumawati
NIM / NIP : K5113070
×

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui efektivitas  peningkatan  hasil belajar siswa pada materi sub tema gempa bumi siswa tunarungu kelas II SLB YKK Pacitan Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan penggunaan model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif deskriptif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan eksperimen One group pre-test-post-test design, yang mana sekelompok subyek dikenai perlakuan untuk jangka waktu tertentu, dan pengaruh perlakuan diukur dari perbedaan antara pengukuran awal (pre-test) dan pengukuan akhir (post-test). Siswa yang menjadi subjek penelitian ini berjumlah 6 orang, yang merupakan seluruh siswa tunarungu kelas II SLB YKK Pacitan tahun ajaran 2018/2019. Penilaian terhadap pre-test dan post-test subjek penelitian dilakukan oleh satu orang peneliti di mana instrument yang digunakan sudah lolos uji validitas isi yang dianalisis dengan formula Aiken’s dan uji realibilitas interreter. Hasil pre-test dan post-test subjek penelitian dibandingkan dengan analisis statistik untuk  mengetahui apakah perbedaan itu signifikan menggunakan Wilcoxon sign rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest subjek penelitian sebesar 49,67 sedangkan nilai posttest subjek penelitian sebesar 86,33. Dari analisis statistik sign rank test wilcoxon diketahui nilai taraf siginifikansi perbandingan nilai pretest dan posttest subjek penelitian sebesar 0,027 yang lebih kecil dibandingkan dengan taraf siginifikansi yang ditetapkan yakni sebesar 0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) efektiv meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SLB YKK Pacitan pada sub tema gempa bumi.

Kata kunci: Tunarungu, Gempa Bumi, Pembelajaran Langsung, Sign Rank Test Wilcoxon

 

×
Penulis Utama : Shara Asrinda Kusumawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5113070
Tahun : 2020
Judul : Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) pada Sub Tema Gempa Bumi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tunarungu Kelas II SLB YKK Pacitan Tahun Pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Luar Biasa - K5113070 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Subagya, M.Si
2. Sugini, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.