Penulis Utama : Ragil Kristiana
NIM / NIP : K7116149
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran ekoliterasi di Sekolah Alam dan mendeskripsikan kemampuan ekoliterasi peserta didik di Sekolah Alam Bengawan Solo. Peneliti mengamati pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi pembelajaran yang berbasis ekoliterasi.
Penelitian ini merupakan penelitian Mix Method yang menggabungkan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 15 peserta didik di sekolah dasar alam. Instrument penelitian yaitu observasi, angket, tes, dan wawancara. Terdapat dua angket dalam penelitian yaitu angket aspek emosi dan angket aspek spirit.   

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti memiliki banyak informasi. Sekolah Alam Bengawan solo merupakan sekolah alam swasta yang terletak di pinggir Sungai Bengawan Solo. Lebih tepatnya terletak di Gondangsari, Juwiring, Klaten. SABS memiliki kurikulum sendiri yang terdiri dari empat pilar. Pilar-pilar tersebut yaitu akhlak, kepemiminan, kognitif, dan bisnis. Setiap pilar kurikulum memiliki nilai-nilai ekoliterasi. SABS juga menggunakan kurikulum dinas dalam pembelajarannya. Pengambilan kurikulum dinas disesuaikan dengan kurikulum yang dimiliki SABS. Perencanaan pe,belajaran disesuaikan dengan kurikulum. Tema pembelajaran telah ditetapkan oleh bidang kurikulum SABS. Tema secara spesifik ditentukan oleh peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran di SABS lebih banyak praktik daripada teori di dalam ruangan. Waktu dalam pembelajaran juga lebih fleksibel. Peserta didik bebas melakukan kegiatannya tetapi tetap dalam bimbingan guru atau fasilitator. Hasil belajar peserta didik dilaporkan dalam bentuk rapot deskripsi. Rapot mendeskripsikan kemampuan peserta didik. 
Kemampuan peserta didik dpat dilihat melalui angket dan tes yang diberikan kepada peserta didik. Hasil angket aspek emosi memiliki rata-rata kemampuan ekoliterasi 7,53 sehingga termasuk dalam kategori ekoliterasi tinggi. Angket aspek spirit memiliki rata-rata 7,6 sehingga termasuk ke dalam  kategori ekoliterasi tinggi. Hasil tes juga menunjukkan kategori kemampuan ekoliterasi yang tinggi karena memiliki rata-rata nilai 75,33. Berdasarkan obsevasi, wawancara dan rata-rata tersebut maka ekoliterasi di Sekolah Alam Bengawan Solo  dapat dikategorikan tinggi.

Kata kunci: ekoliterasi, Sekolah Alam Bengawan Solo, peserta didik.

×
Penulis Utama : Ragil Kristiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116149
Tahun : 2020
Judul : Profil Pembelajaran Ekoliterasi di Sekolah Alam Bengawan Solo Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi : 100 p.; ilus.; tab.; bib.; 28 cm
Sumber : UNS-Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, S.Pd., M.Si.
2. Dra. Sularmi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.