Penulis Utama : Era Wati
NIM / NIP : K5116023
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Differential Reinforcement Of Alternative Behavior terhadap perilaku stereotype  siswa autis kelas III Madrasah Ibtidaiyah Raudlatut Tholibin Pakis tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian tunggal (Single Subject Research) dan menggunakan desain revesal A-B-A, yaitu subjek diberi perlakuan dalam jangka waktu tertentu dan pengaruh perlakuan diukur dari perbedaan antara baseline-1 (A1), intervensi (B), dan baseline-2 (A2). Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa autis kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatut Tholibin Pakis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis visual dalam kondisi dan antarkondisi. Hasil analisis menunjukkan kecenderungan arah dan perubahan level meningkat +1 pada baseline-1 (A1), menurun +5 pada intervensi (B), dan konstan =0 pada baseline-2 (A2), kecenderungan stabilitas tinggi, dan data persentase overlap 0%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa Differential Reinforcement Of Alternative Behavior  berpengaruh untuk mengurangi perilaku stereotype siswa autis kelas III Madrasah Ibtidaiyah Raudlatut Tholibin Pakis Tahun Pelajaran 2019/2020.

kata kunci: Differential Reinforcement Of Alternative Behavior, Perilaku Stereotype, Autis

 

×
Penulis Utama : Era Wati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5116023
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Differential Reinforcement of Alternative Behavior Terhadap Perilaku Stereotype Siswa Autis Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Raudlatut Tholibin Pakis Tahun Pelajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Luar Biasa - K5116023- 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Herry Widyastono, M.Pd.
2. Sugini, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.