Penulis Utama : Anggit Niagati
NIM / NIP : K7116014
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan penggunaan alat praktikum dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model PBL pada peserta didik kelas V SD Negeri Pajang 4 tahun ajaran 2019/2020. 
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus pertemuan. Setiap siklus pertemuan terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SD Negeri Pajang 4 sebanyak 34 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Teknik validitas data yang digunakan yaitu validitas isi. 
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui model PBL dapat meningkatkan keterampilan penggunaan alat praktikum dari pratindakan ke siklus I hingga siklus III. Pada pratindakan keterampilan penggunaan alat praktikum peserta didik masih belum terampil karena SD Negeri Pajang 4 belum memiliki laboratium dan alat praktikum yang lengkap, sehingga guru jarang melakukan kegiatan praktikum dalam pembelajaran IPA. Peningkatan terjadi pada siklus I. Keterampilan penggunaan alat praktikum peserta didik meningkat walaupun belum optimal. Siklus II menyebabkan keterampilan penggunaan alat praktikum lebih baik namun belum mencapai indikator penelitian. Siklus III kategori peserta didik sangat terampil dan sudah mencapai indikator penelitian. Simpulan penelitian ini adalah model BPL meningkatkan keterampilan penggunaan alat praktikum dalam pembelajaran IPA pada peserta didik kelas VSD Negeri Pajang 4. 

Kata kunci: keterampilan penggunaan alat praktikum, model PBL,  sekolah dasar

×
Penulis Utama : Anggit Niagati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116014
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Keterampilan Penggunaan Alat Praktikum dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Pajang 4 Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi : ....p.: bib.; ilus., tab.; 28 cm
Sumber : UNS-Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Idam Ragil Widianto Atmojo, S. Pd., M, Si.
2. Dra. Sularmi, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.