Penulis Utama : Boby Devananda
NIM / NIP : K7116032
×

Tujuan menyeluruh ini untuk meningkatkan keterampilan menyimpulkan pembelajaran IPS untuk siswa kelas IV SDN Tunggulsari II pada tahun ajaran 2019/2020 menggunakan model  pembelajaran Problem-based Learning. 
Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus mencakup dua pertemuan. Subjek dan data dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN Tunggulsari II. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data digunakan dalam validasi konten. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe Problembased Learning yang dapat meningkatkan keterampilan menyimpulkan pembelajaran IPS untuk siswa kelas V SD N 03 Karanganyar pada tahun akademik 2018/2019. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem-based Learning pada Peserta didik kelas IV SD Negeri Tunggulsari II Surakarta tahun ajaran 2019/2020 dapat meningkatkan kemampuan keterampilan menyimpulkan pada pembelajaran IPS dengan dibuktikan oleh hasil yang diperoleh selama tindakan dengan rincian 20% ketuntasan klasikal dan nilai ratarata 55,03 pada saat pratindakan, 43,33% ketuntasan klasikal dan nilai rata-rata 72,9 pada saat siklus I, kemudian pada siklus II terus meningkat yang akhirnya dapat mencapai tujuan penelitian yaitu dengan ketuntasan klasikal 80% dan nilai rata-rata 79,6.  
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan menerapkan model pembelajaran Problem-based Learning terbukti dapat  meningkatkan kemampuan keterampilan menyimpulkan peserta didik kelas IV SD Negeri Tunggulsari II  Surakarta Tahun ajaran 2019/2020 pada pembelajaran IPS. 

Kata kunci: Keterampilan Menyimpulkan, Problem-based Learning, Pembelajaran IPS, Sekolah Dasar

×
Penulis Utama : Boby Devananda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116032
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan Melalui Penerapan Model Problem-Based Learning Dalam Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SDN Tunggulsari II Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi : 142 p. ; ilus.; tab.; bib.; 28 cm.
Sumber : UNS-Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Istiyati, M. Pd.
2. Dra. Yulianti, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.