Penulis Utama : Fadhilah Ardhi Nata
NIM / NIP : I8717006
×

Abstrak

Petumbuhan penduduk di daerah perkotaan pada umumnya sangat tinggi, yang diakibatkan oleh pertumbuhan alami maupun migrasi. Keadaan ini  berakibat pada besarnya permintaan kebutuhan lahan di kota untuk tempat tinggal dan fasilitas lain sebagai pendukungnya. Pertumbuhan penduduk yang pesat dan meningkatnya tuntutan ekonomi akan mendorong terjadinya kegiatan pembangunan yang sering berdampak pada perubahan penggunaan lahan kota salah satunya adalah perubahan ruang terbuka hijau.
Dalam pembangunan ruang terbuka hijau harus memperhatikan pentingnya perencanaan ruang dan lahan dengan penyediaan RTH yang cukup, sehingga perkembangan ruang yang terbangun dapat berjalan serasi, selaras dan seimbang dengan ketersediaan RTH.
Tujuan penelitian ini untuk merencanakan ulang ruang terbuka hijau di Taman Panahan Karanganyar dan menghitung besar anggaran biaya yang dibutuhkan untuk merencanakan ruang terbuka hijau tersebut.
Perencanaan ini menghasilkan luas total RTH ± 6.615 m2. Konsep yang dipilih adalah taman dengan perpaduan antara dua macam gaya taman yaitu gaya minimalis dan gaya campursari.. Anggaran biaya yang perlukan untuk merencanakan ulang taman kota ini sebesar Rp 342.779.113,98 (Tiga Ratus Empat Puluh Dua Juta Tujuh Ratus Tujuh Puluh Dua Ribu Seratus Tiga Belas Rupiah).

Kata Kunci : Taman, Taman Kota, Ruang Terbuka Hijau

×
Penulis Utama : Fadhilah Ardhi Nata
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8717006
Tahun : 2020
Judul : Perencanaan Ulang Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Panahan Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Infrastruktur
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Prog. DIII Teknik Sipil-I8717004-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Koosdaryani, MT.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.