Penulis Utama : Faiz Ihza Failasuf
NIM / NIP : I8717007
×

Abstrak

Drainase merupakan salah satu fasilitas dasar yang dirancang sebagai pengaliran kelebihan air hujan guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan merupakan komponen penting dalam evaluasi kota. Drainase mempunyai arti mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air. Secara umum, drainase didefinisikan sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan, sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal. Dalam bidang teknik sipil, drainase secara umum dapat didefinisikan sebagai salah satu tindakan teknis untuk mengurangi kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan. Jika penanganan drainase kurang baik, maka akan mengakibatkan tergenangnya daerah sekitar saluran drainase. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari solusi dari permasalahan sistem saluran drainase di daerah Dukuh Mantung RT 02 RW 05 Desa Sanggrahan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo.

Dalam penelitian evaluasi saluran drainase ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan evaluatif. Langkah yang dilakukan adalah permohonan ijin, mencari data atau informasi, mengolah data dan yang terakhir penyusunan laporan.

Setelah dilakukan studi komparasi dengan kondisi saluran existing yang ada, semua saluran yang ada di Dukuh Mantung RT 02 RW 05 Desa Sanggrahan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo memenuhi kapasitas debit saluran baik di saluran utama maupun di saluran cabang. Hanya saja untuk saluran utama 1 (SU 1) terdapat sedimentasi berupa tanah dan lumpur. Untuk itu perlu dilakukan pembersihan agar tidak menganggu aliran air dan menimbulkan masalah pada saat musim hujan. Dan untuk saluran yang sudah memenuhi hasil analisis perlu dilakukan pemeliharaan dengan cara dilakukan pembersihan sedimen dan sampah secara rutin agar aliran air tidak terhambat, selain itu tidak lupa memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Kata Kunci :  Saluran Drainase, Perencanaan Drainase, Evaluasi Saluran Drainase

×
Penulis Utama : Faiz Ihza Failasuf
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8717007
Tahun : 2020
Judul : Evaluasi Saluran Drainase Dukuh Mantung RT 02 RW 05 Desa Sanggrahan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Infrastruktur
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Prog. DIII Teknik Sipil-I8717007-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Adi Yusuf Muttaqien, M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.