Penulis Utama : Fitriyanti Putri Nugraha
NIM / NIP : I8717011
×

Abstrak

Tugas Akhir Program Studi DIII Teknik Sipil Infrastruktur Perkotaan. Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing Ir. Kuswanto Nurhadi, MSP.
Keberadaan Ruang Terbuka Hijau di Taman Duta Harapan Bekasi semakin tidak terawat karena kurangnya perhatian dari pemerintah untuk mengelola dan melakukan perawatan. Ketidakseriusan dalam mengelola, menyebabkan kurang berfungsinya ruang terbuka hijau dengan baik.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi eksisting Taman Duta Harapan Bekasi dan melakukan penataan ruang terbuka hijau yang nyaman dan menarik untuk dikunjungi masyarakat serta menyusun rencana anggaran biaya yang dikeluarkan untuk penataan ruang terbuka hijau di kawasan Taman Duta Harapan Bekasi. Penelitian dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap perencanaan, tahap survei, tahap analisis data dan tahap kesimpulan.

Luas total Taman Duta Harapan Bekasi adalah ±50.731,756 m2. Kawasan Taman Duta Harapan Bekasi ini memiliki fungsi sebagai taman rekreasi tetapi tidak meninggalkan konsep awal yaitu sebagai Ruang Terbuka Hijau untuk masyarakat Kota Bekasi dan sekitarnya. Dari perencanaan tersebut menghasilkan beberapa komponen fisik yang sebelumnya belum ada seperti pos jaga dengan luas 30 m2, toilet dengan luas 21 m2, dan mushola dengan luas 117 m2. Pada Taman Duta Harapan Bekasi juga ditambah dengan area olahraga, kolam bioretensi, dan papan penunjuk arah. Dalam perencanaan Taman Duta Harapan Bekasi rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk penataan Taman Duta Harapan Bekasi adalah Rp. 1.034.637.829,00 sedangkan biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan Pos Jaga, Toilet, dan Mushola adalah Rp. 692.352.230,00.

Kata Kunci : Penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH), Taman Rekreasi

×
Penulis Utama : Fitriyanti Putri Nugraha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8717011
Tahun : 2020
Judul : Perencanaan Ulang (Redesign) Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Duta Harapan Kota Bekasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Infrastruktur
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Prog. DIII Teknik Sipil-I8717009-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Kuswanto Nurhadi, MSP.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.