Penulis Utama : Ineke Bela Ramdani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8717013
Tahun : 2020
Judul : Pembuatan Smart-Partisi yang Kedap Suara dengan Pemanfaatan Cangkang Pila Ampullacea dan Ampas Tebu
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Prog. DIII Teknik Sipil-I8717013-2020
Subyek : AMPAS TEBU, PILA AMPULLACEA
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Peningkatan jumlah penduduk Indonesia menjadi masalah krusial karena berakibat pada peningkatan kebutuhan tempat hunian di Indonesia sehingga saat ini banyak dikembangkan hunian vertikal dengan pemanfaatan papan partisi. Namun, partisi yang dijual di pasaran saat ini masih memiliki kelemahan masih belum mampu meredam suara, mudah terbakar, mudah menyerap air, dan mudah berjamur. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk papan partisi yang ringan, mudah dipasang, terjangkau, dapat meredam suara, tidak mudah terbakar, tahan air, dan tahan jamur dengan pemanfaatan Cangkang Pila ampullacea (CPA) dan Ampas Tebu (AT).

Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental. Penelitian dilakukan di Laboratorium Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini menggunakan bahan inovasi CPA dan AT. Bubuk CPA digunakan sebagai subtituen PC dan AT digunakan sebagai lapisan dalam Smart-Partisi yang dapat meredam suara. CPA berasal dari petani keong sawah di Kecamatan Sukolilo, Grobogan, Jawa Tengah dan AT berasal dari PG Tasikmadu Karanganyar dan penjual es tebu disekitar UNS. Sampel dalam penelitian ini berupa papan gypsum, kalsiboard, dan Smart-Partisi ukuran 15×10 cm dan 35×5 cm.

Komposisi bahan baku pembuatan sampel Smart-Partisi ukuran 15×10×0,3 cm dengan pemanfaatan CPA dan AT adalah 60% PC (43,74 gram), 35% GC (28,34 gram), 5% Al2O3 (4,05 gram), 10% CPA (4,86 gram), 30% air (24,3 ml), 60% partikel AT (18,9 gram), dan 40% perekat PVAc ( 12,6 gram). Hasil fisik Smart-Partisi berupa papan tiga lapis. Hasil pengujian Smart-Partisi telah memenuhi syarat ketebalan (9 mm), koefisien absorpsi suara (0,16), kerapatan (0,83 gr/cm3), daya serap air (20,81%), daya kuat tarik (70 Kgf), uji bakar (0 mm/sec), dan uji pertumbuhan jamur (tidak terdapat jamur pada hari ke-20). Smart-Partisi dapat diaplikasikan menjadi dinding rumah bagian dalam atau penyekat ruangan di bangunan vertikal, kantor maupun ruang kelas. Selain itu, Smart-Partisi juga dapat dibuat model papan panel dengan ukuran 50×50 cm dan 2×1,2 m.

Kata Kunci : Ampas Tebu, Cangkang Pila ampullacea, Smart-Partisi

File Dokumen Tugas Akhir : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik