Penulis Utama : Lutvi Rachmawati
NIM / NIP : I8717015
×

Abstrak

Jalan Cokro –Tulung, Kabupaten Klaten merupakan jalan yang menghubungan antara Jalan Jatinom – Boyolali dengan Jalan Jogja – Solo dan banyak dilalui kendaraan karena berada pada kawasan wisata air Kota Klaten. Selain itu disepanjang Jalan Cokro – Tulung juga merupakan kawasan industri air minum kemasan sehingga banyak dilalui kendaraan dengan muatan besar dan menyebabkan kerusakan jalan yang cukup banyak pada lapis permukaannya.
Pengamatan yang dilakukan pada Jalan Cokro – Tulung, Kabupaten Klaten dengan panjang jalan 2,00 km ini bertujuan untuk melakukan penilaian kondisi jalan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dengan membagi jalan menjadi beberapa segmen yaitu tiap 50 m. Kemudian tiap segmen jalan dilakukan pengamatan secara visual serta pengukuran untuk mengidentifikasi jenis kerusakan yang ada dan melakukan penilaian sesuai metode PCI dan metode LHR.
Setelah mengidentifikasi jenis kerusakan ada, langkah selanjutnya adalah memperbaiki kerusakan sesuai dengan jenis kerusakan yang ada. Kemudian melakukan perencanaan tebal lapisan ulang menggunakan data kepadatan lalu lintas setempat dan daya dukung tanah. Dengan umur rencana 10 tahun dan durasi waktu pekerjaan 1 Minggu. Bahan perkerasan yang digunakan adalah LASTON Ms. 744. Hasil tebal overlay adalah 5 cm.  Kemudian diiperoleh total biaya yang digunakan dalam usaha perbaikan dan peningkatan mutu pada Jalan Cokro-Tulung, Kabupaten Klaten STA 0+000 – 2+000 tahun 2020 adalah Rp. 1.532.733.209,30.

Kata Kunci : Pavement Condition Index (PCI), LASTON, RAB.

×
Penulis Utama : Lutvi Rachmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8717015
Tahun : 2020
Judul : Evaluasi Perkerasan Jalan, Pemeliharaan Dan Peningkatan dengan Metode Analisa Komponen Beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Cokro - Tulung, Kabupaten Klaten STA 0+000 - 2+000
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Infrastruktur
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Prog. DIII Teknik Sipil-I8717015-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agus Sumarsono, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.