Penulis Utama : Martina Nur Jana
NIM / NIP : I8717017
×

Abstrak

Taman sehat merupakan taman yang didesain untuk memberi penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan. Taman sehat berisi fasilitas-fasilitas yang mendukung kegiatan, edukasi yang berhubungan dengan kesehatan dan menjadi tempat bermain/rekreasi warga sekitar. Taman sehat dan ruang terbuka hijau merupakan elemen yang dapat dipadukan. Selain dapat menjadi tempat rekreasi dan dapat memberi edukasi kepada masyarakat tentang kesehatan, taman sehat berbasis ruang terbuka hijau dapat menjadi tempat untuk penghijuan.

Dalam pembangunan ruang terbuka hijau harus memperhatikan pentingnya perencanaan ruang dan lahan dengan penyediaan RTH yang cukup, sehingga perkembangan ruang yang terbangun dapat berjalan serasi, selaras dan seimbang dengan ketersediaan RTH.

Tujuan penelitian ini untuk merencanakan ruang terbuka hijau di kawasan RSUD Kabupaten Karanganyar dan menghitung besar anggaran biaya yang dibutuhkan untuk merencanakan ruang terbuka hijau tersebut.

Perencanaan ini menghasilkan luas total RTH 9.618 m2. Konsep yang digunakna adalah RTH multifungsi karena selain fungsi utamanya sebagai paru-paru kota taman ini juga dapat menjadi tempat rekreasi keluarga. Anggaran biaya  yang perlukan untuk mengadakan taman kota ini sebesar Rp2.299.000.000 (Dua Milyar Dua Ratus Sembilan Puluh Sembilan Juta Rupiah).

Kata Kunci : Taman, Taman Kota, Ruang Terbuka Hijau

×
Penulis Utama : Martina Nur Jana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8717017
Tahun : 2020
Judul : Perencanaan Taman Sehat RSUD Kabupaten Karanganyar Berbasis Ruang Terbuka Hijau
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Infrastruktur
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Prog. DIII Teknik Sipil-I8717016-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Kuswanto Nurhadi, MSP.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.