Penulis Utama : Muchammad Yanuar Rega Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8717019
Tahun : 2020
Judul : Tinjauan Kondisi Drainase RT 4/RW 6 Kelurahan Gawanan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Prog. DIII Teknik Sipil-I8717018-2020
Subyek : DRAINASE
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Drainase merupakan sarana atau prasarana untuk mengalirkan air hujan, dari suatu tempat ke tempat yang lain. Drainase mempunyai arti mengalir, menguras, membuang atau mengalirkan air. Secara umum Drainase adalah prasarana yang berfungsi mengalirkan kelebihan air dari satu tempat ke tempat lain, misalnya wadah air, baik yang alamiah maupun buatan. Kelebihan air kemudian dilanjutkan menuju laut, sungai, danau, sumur dan saranan resapan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi dan mencari solusi dari permasalahan saluran drainase di RT4/RW6 Gawanan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo.

Dalam penelitian evaluasi saluran drainase ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan evaluatif. Langkah yang dilakukan adalah permohonan ijin, melakukan survey, mencari data atau informasi, mengolah data dan yang terakhir penyusunan laporan.

Kondisi saluran yang ada di areal RT4/RW6 Kelurahan Gawanan, Kec. Sukoharjo, Kab. Sukoharjo memenuhi hasil analisis kapasitas saluran Saluran yang terdapat tumbuhan liar yaitu utama (SU1) perlu dilakukan pembersihan tanaman serta lumpur dan memperbaiki retakan-retakan yang menjadi tempat tumbuhan tumbuh. Sementara SU2-SC3 hanya perlu perawatan lebih lanjut  guna menjaga saluran agar tetap berfungsi secara baik.

Kata Kunci : Drainase, Debit, Kondisi Eksisting

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Adi Yusuf Muttaqien, M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik