Penulis Utama : Muhammad Ajie Marnendi
NIM / NIP : I8717020
×

Abstrak

Taman Yos Sudarso Balaikota Lama Kota Tegal merupakan salah satu taman kota yang berada di Kota Tegal. Taman yang berada di wilayah utara Kota Tegal ini tepatnya berada di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal dan Kantor Kepolisian Resor Kota Tegal. Namun sekarang, taman ini tidak terawat dan pedagang kaki lima yang berjualan di sembarang tempat sehingga menyebabkan banyak kerusakan di tempat yang seharusnya tidak untuk berdagang di Taman Balaikota Lama.

Tujuan : (1) Mengetahui kondisi yang ada (eksisting) Taman Yos Sudarso Balaikota Lama Kota Tegal, (2) mendesain ulang ruang terbuka hijau dan kawasan rekreasi keluarga yang nyaman dan menarik untuk dikunjungi masyarakat, dan (3) mengetahui Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruang Terbuka Hijau Taman Yos Sudarso Balaikota Lama Kota Tegal.

Metode yang digunakan dalam studi ini adalah dengan metode deskriptif kuantitatif. Deskriptif kuantitatif merupakan data yang berbentuk numerik kemudian dijabarkan melalui uraian kata, meminta data dari instansi yang bertanggung jawab dan melakukan pengamatan secara langsung di lapangan.

Perencanaan ulang pada Taman Yos Sudarso Balaikota Lama Kota Tegal ini menghasilkan luas total RTH ± 6.517 m2. Konsep yang digunakan dalam Perencanaan Ulang Taman Yos Sudarso Balaikota Lama Kota Tegal adalah Taman Kota yang sekaligus berfungsi sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum sebagai sarana pendukung guna memberikan kenyamanan bagi para pengunjung taman. Anggaran biaya yang diperlukan untuk penataan ulang taman ini sebesar Rp 495.916.187,50

Kata Kunci : Taman, Ruang Terbuka Hijau (RTH), Perencanaan.

×
Penulis Utama : Muhammad Ajie Marnendi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8717020
Tahun : 2020
Judul : Perencanaan Ulang Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Yos Sudarso Balaikota Lama Kota Tegal
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Infrastruktur
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Prog. DIII Teknik Sipil-I8717020-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Koosdartyani, MT.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.