Penulis Utama : Hesty Marlyana Permatasari
NIM / NIP : K8115030
×

Abstrak

Dewasa ini sampah menjadi isu lingkungan. Perlunya kesadaran dan karakter peduli lingkungan dimiliki setiap individu termasuk anak usia dini. Penanaman karakter peduli lingkungan pada anak dilakukan di lingkungan keluarga dengan waste management keluarga secara sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waste management keluarga pada penanaman karakter peduli lingkungan anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini untuk menggali informasi tentang program peduli lingkungan di Kampung Kitiran, waste management keluarga pada penanaman karakter peduli lingkungan anak usia dini, dampak waste management keluarga pada penanaman karakter peduli lingkungan anak usia dini.
    Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian dengan maksud mengidentifikasi hakikat pengalaman individu tentang fenomena waste management keluarga pada penanaman karakter peduli lingkungan anak usia dini. Lokasi penelitian berada di Kampung Kitiran yang merupakan kampung kota berbasis pengolahan sampah. Subjek penelitian adalah orang tua yang memiliki anak usia dini, menjalankan waste management keluarga, dan tempat tinggal berada di Kampung Kitiran. Sumber data yang terlibat yaitu orang tua yang menjalankan waste management keluarga, anak usia dini, Pak RT setempat dan Bu D yang merupakan pencetus program peduli lingkungan di Kampung Kitiran. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kampung Kitiran memiliki program peduli lingkungan yang terintegrasi dengan semua elemen masyarakat termasuk keluarga. Kegiatan pengelolaan sampah menjadi kegiatan rutin setiap anggota keluarga Kampung Kitiran termasuk anak usia dini. Keluarga Ibu A dan keluarga Ibu N mengenalkan dan menanamkan karakter peduli lingkungan pada anak sejak usia dini. Anak dalam kesehariannya dilibatkan pada setiap kegiatan waste management keluarga secara sederhana. Usia anak dan peran aktif orang tua yang berbeda dalam proses penanaman karakter peduli lingkungan anak pada pengelolaan sampah menjadikan pemahaman dan tindakan pengelolaan sampah anak berbeda.

Kata Kunci : waste mangement keluarga, penanaman karakter peduli lingkungan, anak usia dini

×
Penulis Utama : Hesty Marlyana Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115030
Tahun : 2020
Judul : Waste Management Keluarga Pada Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini (Studi Fenomenologi di Kampung Kitiran Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Anak Usia Dini-K8115030-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Warananingtyas Palupi, S.Sn., MA.
2. Muhammad Munif Syamsuddin, S.Pd.I., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.