Penulis Utama : Alfonda Prakosa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0116005
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Konsumsi Energi Terbarukan dan Pertumbuhan Ekonomi Pada 5 Negara Berkembang di Asean (Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina) : Panel Data
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis, Jur. Ekonomi Pembangunan-F0116005-2020
Subyek : ENERGI TERBARUKAN, ASEAN, PERTUMBUHAN EKONOMI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari konsumsi energi terbarukan terhadap pertumbuhan ekonomi di 5 negara berkembang di ASEAN (Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina). Penelitian ini dilakukan karena keprihatinan peneliti terhadap harga energi saat ini yang sangat fluktuatif terutama energi tidak terbarukan (minyak bumi) dan persedianya yang semakin menipis. Penelitian ini menggunakan data yang terdapat di World Bank yang merupakan data sekunder, dengan periode waktu 1991-2016 dengan menggunakan metode panel data. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data dari 5 negara berkembang di ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand dan Filipina.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif tidak signifikan terhadap hubungan tingkat konsumsi energi terbarukan dengan pertumbuhan ekonomi. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi konsumsi energi terbarukan maka semakin tinggi pula tingkat pertumbuhan ekonominya, namun karena tingkat penggunaan energi terbarukan di perekonomian masih sedikit, maka efeknya tidak signifikan bagi perekonomian. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa konsumsi energi terbarukan memiliki hubungan yang baik terhadap pertumbuhan ekonomi, oleh karena itu diperlukan peran dari pemerintah untuk dapat mengoptimalkannya, yaitu seperti membuat kebijakan tentang peningkatan penggunaan energi terbarukan, sehingga dapat memperoleh manfaat yang maksimal dalam jangka panjang.

Kata Kunci : Energi terbarukan, ASEAN, Pertumbuhan ekonomi

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Tetuko Rawidyo Putro, S.E., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis