Penulis Utama : Anis Mas Kumambang
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0116008
Tahun : 2020
Judul : Determinan Penyaluran Kredit UMKM pada Sektor Industri Pengolahan di Indonesia Periode 2008:01 – 2018:12
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis, Jur. Ekonomi Pembangunan-F0116008-2020
Subyek : UMKM, KREDIT UMKM, INDUSTRI PENGOLAHAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

UMKM memiliki banyak peranan terhadap perekonomian Indonesia. Usaha UMKM juga mampu bertahan dalam masa krisis ekonomi yang pernah terjadi di Indonesia. Tetapi, dalam menjalankan usahanya UMKM mengalami berbagai macam kendala, salah satunya adalah kendala keuangan. Pemerintah memberikan solusi atas permasalahan ini dengan mengamantkan kepada pihak perbankan untuk menyalurkan kredit UMKM minimal 20?ri total kredit pada tahun 2018. Penyaluran kredit UMKM terbesar menurut sektor ekonomi yang pertama yaitu sektor perdagangan besar dan eceran kemudian sektor industri pengolahan. Penyaluran kredit UMKM pada kedua sektor memiliki selisih yang derastis. Unit Usaha UMKM pada sektor industri pengolahan memiliki peluang besar untuk meningkatkan jumlah kredit UMKM. Industri pengolahan memiliki kontribusi dalam menyumbangkan PDB dan menduduki peringkat pertama dalam membentuk struktur perekonomian Indonesia berdasarkan lapangan usaha.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penyaluran kredit UMKM pada sektor industri pengolahan di Indonesia. Terdapat faktor internal berupa NPL dan DPK serta faktor eksternal berupa suku bunga BI, inflasi dan penetrasi demografis perbankan. Metode penelitian ini menggunakan Error Corection Model (ECM) dengan periode penelitian pada Bulan Januari 2008 sampai dengan Bulan Desember 2018.
Hasil penelitian menemukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penyaluran kredit UMKM pada sektor industri pengolahan di Indonesia secara signifikan dalam jangka pendek yaitu DPK. Sedangkan, dalam jangka panjang faktor-faktor yang mempengaruhi kredit UMKM pada sektor industri pengolahan di Indonesia secara signifikan yaitu DPK, suku bunga BI, inflasi dan penetrasi demografis perbankan.

Kata Kunci : UMKM, Kredit UMKM, Industri Pengolahan

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyu Agung Setyo, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis