Penulis Utama : Sitha Amanda Widanti
NIM / NIP : B3315024
×

Saat ini, masih banyak pengajar yang menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Tenaga pengajar dianggap sebagai pemberi informasi dan siswa hanya menjadi yang menerima informasi. Terlebih, masih banyak pengajar yang hanya terpaku pada  buku teks, sehingga membuat siswa merasa malas belajar dan kurang tertarik pada materi yang diajarkan. Untuk meningkatkan ketertarikan siswa untuk mempelajari huruf hanzi, penulis menggunakan variasi pembelajaran berupa alat peraga Haneasy (Hanzi is Easy).
Haneasy merupakan alat peraga yang berupa gabungan flashcard dan tuntunan urutan menulis Hanzi yang benar. Adanya Haneasy yang memiliki bentuk dan cara penggunaan yang menarik akan menggugah minat siswa dalam belajar huruf Hanzi. Penggunaan media alat peraga ini dapat memotivasi dan mempermudah siswa dalam belajar bahasa Mandarin. Metode yang digunakan penulisan adalah Metode Observasi, Metode Wawancara dan Studi Pustaka. Penggunaan alat peraga dalam  pengajaran bahasa Mandarin untuk anak sekolah dasar terutama dalam hal penulisan sangat efektif  dikarenakan alat peraga memudahkan mereka dalam memahami pelajaran daripada hanya berfokus pada buku teks. Penggunaan alat peraga Haneasy di SD Focus Independent School diterima dengan baik, siswa senang dengan alat peraga yang dibawa penulis, haneasy juga membantu siswa yang kesulitan dalam mematuhi urutan goresan hanzi menjadi lebih mudah mengingat aturan goresan hanzi. 

Kata kunci : penulisan,  hanzi, alat peraga, goresan.

×
Penulis Utama : Sitha Amanda Widanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3315024
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Penggunaan Alat Peraga Haneasy (Hanzi Is Easy) pada Siswa SD Kelas 2 Focus Independent School Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : -
Kolasi : .... p.: ilus.; tab.; bib.; 28 cm.
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Diplomas III Bahasa Mandarin, 2020
Kata Kunci : penulisan, hanzi, alat peraga, goresan.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kristina Indah Setyo Rahayu, B.Ed., M.TCSOL.
2. Stephanie Phanata, B. Ed., M.TCSOL.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.