Penulis Utama : Nurani Fitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2314033
Tahun : 2020
Judul : Remidiasi Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Predict, Observe and Explain (Poe) Pada Materi Gelombang Bunyi dan Gelombang Cahaya Kelas XI MIA di SMA Negeri 2 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP, Jur. Pendidikan Fisika - K2314033 - 2020
Subyek : REMIDIASI PEMBELAJARAN, POE, KOGNITIF, GELOMBANG BUNYI, GELOMBANG CAHAYA.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstra

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah ada atau tidak peningkatan kemampuan kognitif siswa yang signifikan setelah mengikuti kegiatan remediasi pembelajaran Fisika dengan menggunakan model pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) pada materi Gelombang Bunyi dan Gelombang Cahaya di kelas XI MIA SMA Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 dan (2) mengetahui apakah kegiatan remediasi pembelajaran Fisika dengan menggunakan model pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) dapat membantu siswa mencapai nilai KKM pada materi Gelombang Bunyi dan Gelombang Cahaya di kelas XI MIA SMA Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan rancangan penelitian one group pre-test post-test. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018 dan sampel yang diambil adalah siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 2 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan tes kemampuan kognitif yaitu pre-test dan post-test. Teknik analisis data dilaksanakan dengan uji gain ternormalisasi dan uji t menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil uji gain didapatkan nilai gain ternormalisasi sebesar 0,49 yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil uji Paired-Sample T-Test didapatkan nilai signifikansi 1,05×10-13 dan hasil uji One-Sampe T-Test didapatkan nilai signifikansi 3,13×10-8. Hasil tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa setelah remediasi mengalami peningkatan yang signifikan dan kegiatan remediasi membantu siswa mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) remidiasi pembelajaran Fisika menggunakan model pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) dapat meningkatkan  kemampuan kognitif siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018 pada materi gelombang bunyi dan gelombang cahaya secara signifikan dan (2) membantu siswa mencapai nilai KKM di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 2 Surakarta pada materi gelombang bunyi dan gelombang cahaya. Presentase siswa yang mecapai ketuntasan belajar meningkat dari sebelum remedial adalah 14,71% menjadi 91,18%.

Kata Kunci :Remidiasi Pembelajaran, POE, Kognitif, Gelombang Bunyi, Gelombang Cahaya.

 

k

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sukarmin, S.Pd., M.Si., M.Pd.
2. Ahmad Fauzi, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP