Penulis Utama : Fatma Nur Kholifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2315030
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Guided Inquiry pada Materi Statistika Benda Tegar untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Fisika - K2315030 - 2020
Subyek : MODUL PRAKTIKUM, GUIDED INQUIRY, STATISTIKA BENDA TEGAR.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menjelaskan karakteristik modul praktikum yang dikembangkan, (2) menjelaskan kelayakan modul praktikum yang dikembangkan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan, yaitu berdasarkan pada model pengembangan Borg and Gall. Prosedur pengembangan modul praktikum hanya sampai pada tahap kelima dari sepuluh tahapan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan tahap awal, dan (5) revisi terhadap produk utama. Data yang diperoleh yaitu dari data kualitatif yang didukung oleh data kuantitaif dari angket. Sumber data terdiri dari 2 orang ahli dan 10 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penilaian modul secara keseluruhan oleh ahli diperoleh rerata sebesar 57,5 dari skor maksimal 64 atau memperoleh persentase rata-rata 89,8% yang menunjukkkan bahwa modul memenuhi kriteria sangat baik. Hasil penilaian modul secara keseluruhan oleh mahasiswa diperoleh rerata skor sebesar 10,5 dari skor maksimal 12 atau memperoleh persentase rata-rata 87,5% yang menunjukkan bahwa yang dikembangkan secara keseluruhan memenuhi kriteria sangat baik dan modul dikategorikan sangat layak untuk digunakan. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah : (1) Modul yang dikembangkan berupa modul cetak yang terdiri dari tiga bagian yaitu bagian pendahuluan, isi dan penutup serta memuat materi Statistika Benda Tegar. Model pembelajaran yang diterapkan pada modul yang dikembangkan adalah model pembelajaran guided inquiry dengan tahapan orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan merumuskan kesimpulan. Modul praktikum yang dikembangkan memuat karakteristik self instruction, self contained, stand alone, adaptif dan user friendly. (2) Berdasarkan hasil validasi ahli terhadap modul praktikum yang dikembangkan pada aspek relevansi materi dan aspek tampilan media memenuhi kriteria sangat baik, pada aspek bahasa memenuhi kriteia baik serta secara keseluruhan memenuhi kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba pada mahasiswa terhadap modul praktikum menunjukkan bahwa pada aspek relevansi materi memenuhi kriteria sangat baik, pada aspek tampilan media memenuhi kriteria baik, pada aspek bahasa memenuhi kriteria sangat baik dan secara keseluruhan memenuhi kriteria sangat baik.


Kata kunci: Modul Praktikum, Guided Inquiry, Statistika Benda Tegar.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si
2. Dra. Rini Budiharti, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP