Penulis Utama : Hanung Vernanda Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2315032
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Modul Eksperimen Kinematika dan Dinamika Partikel Untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika Berbasis Guided Inquiry (Inkuiri Terbimbing)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Fisika - K2315032- 2020
Subyek : MODUL EKSPERIMEN, INKUIRI TERBIMBING, KINEMATIKA DINAMIKA PARTIKEL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menjelaskan cara mengembangkan modul eksperimen pada materi kinematika dan dinamika partikel berbasis inkuiri terbimbing agar memenuhi kriteria baik (2) menjelaskan karakteristik modul eksperimen pada materi kinematika dan dinamika partikel berbasis inkuiri terbimbing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE.
Prosedur yang digunakan hanya sampai tahap ketiga dari lima tahapan ADDIE yaitu analysis, design, dan development. Tahapan penelitian dimulai dengan kegiatan analisis masalah dan analisis kebutuhan modul eksperimen, dilanjutkan dengan tahap design yaitu menyusun konten, format, dan desain awal modul. Selanjutnya adalah tahap development yang terdiri atas tahap validasi ahli dan uji coba. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif yang didukung data kuantitatif dari hasil validasi dan uji coba. Validasi ahli dilakukan oleh 2 dosen. Uji coba dilaksanakan sebanyak tiga kali yaitu uji coba satu-satu yang melibatkan 3 mahasiswa, uji coba kelompok kecil yang melibatkan 9 mahasiswa, dan uji coba lapangan yang melibatkan 75 mahasiswa. Uji coba bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbacaan modul yang dikembangkan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) prosedur pengembangan modul eksperimen cetak berbasis inkuiri terbimbing ini meliputi: a) tahap persiapan, meliputi menyusun format dan konten modul, menyusun kegiatan berdasarkan sintak model pembelajaran, dan uraian materi yang dibahas dalam modul; b) tahap pembuatan meliputi pembuatan konten yang dimasukkan ke dalam modul; c) tahap penyelesaian, meliputi validasi ahli dan uji coba untuk mengetahui kelayakan modul eksperimen yang dikembangkan. Berdasarkan penilaian yang dilakukan melalui proses validasi ahli memperoleh skor keseluruhan 131,5 yang memenuhi kriteria sangat baik, serta hasil uji coba pada mahasiswa pada modul yang dikembangkan menghasilkan penilaian tingkat keterbacaan produk yang memenuhi kriteria sangat baik; (2) karakteristik modul yang dikembangkan adalah modul eksperimen cetak yang berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing. Modul eksperimen dapat digunakan secara mandiri oleh mahasiswa dengan bimbingan dosen dalam kegiatan eksperimen pada materi Kinematika dan Dinamika Partikel. Kegiatan eksperimen dalam modul didesain untuk menuntun mahasiswa menemukan konsep materi secara mandiri dengan menentukan sendiri variabel dalam eksperimen, langkah percobaan, serta menganalisis data. Modul eksperimen menyajikan penerapan konsep materi dalam peristiwa sehari-hari, sehingga mendukung pembelajaran kontekstual.

Kata kunci : Modul Eksperimen, Inkuiri Terbimbing, Kinematika Dinamika Partikel

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Pujayanto, M.Si.
2. Dra. Rini Budiharti, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP