Penulis Utama : Isa Abdullah Alqudsi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2315038
Tahun : 2020
Judul : Remediasi Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Learning Cycle 7e pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Fisika - K2315038- 2020
Subyek : REMEDIASI, LEARNING CYCLE 7E, FLUIDA STATIS.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Kemajuan teknologi informasi adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari dalam dunia pendidikan sehingga menyebabkan tuntutan inovasi dan memanfaatkan teknologi secara optimal pada pembelajaran. Penelitian dan pengembangan modul elektronik ini bertujuan untuk : (1) mengetahui karakteristik akhir modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan, (2) mengetahui kelayakan pengembangan modul pembelajaran elektronik tentang Gelombang Mekanik menggunakan software Adobe Animate CC. (3) mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan modul yang dikembangkan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, yaitu berdasarkan pada model pengembangan Borg and Gall. Prosedur pengembangan modul elektronik hanya sampai pada tahap ketujuh dari sepuluh tahapan yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain (5) revisi desain,(6) uji coba produk, (7) revisi produk. Data yang diperoleh yaitu dari data kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif dari angket. Sumber data terdiri dari 2 orang ahli, 3 orang praktisi pendidikan, dan peserta didik. Banyaknya peserta didik yaitu 3 peserta didik untuk uji coba one to one dan 9 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Modul dilengkapi dengan PhET Simulator agar peserta didik dapat menganalisis gejala pada konsep materi secara langsung. Selain itu, modul pembelajaran elektronik ini terdapat soal evaluasi akhir untuk mengetahui kemampuan kognitif peserta didik yang dapat terkirim pada database guru sehingga mempermudah guru dalam memonitor kemampuan peserta didik. Perolehan total nilai pada validasi ahli sebesar 99,5 dari 104, praktisi pendidikan 90,33 dari 104, uji coba one to one sebesar 16,67 dari 19, dan uji coba kecil sebesar 17,44 dari 19. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa modul yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat baik dan modul dikategorikan sangat layak untuk digunakan.
Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah : (1) Modul yang dikembangkan berupa modul android berdasarkan kurikulum 2013 dalam format .apk. dengan kapasitas memori 4,54 MB. Hasil dari modul ini dapat terkirim pada database guru yang mempermudah guru dalam memonitor kemampuan peserta didik. Modul berbasis android yang dikembangkan memuat karakteristik self instruction, self contained, stand alone, adaptive dan user friendly. (2) Berdasarkan hasil validasi ahli dan hasil uji coba pada peserta didik terhadap modul yang dikembangkan menunjukkan bahwa penilaian pada aspek relevansi materi, media dan bahasa memenuhi kriteria sangat baik.

Kata kunci: Modul Android, Adobe Animate CC, Gelombang Mekanik

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nonoh Siti Aminah, M.Pd
2. Drs. Surantoro, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP