Penulis Utama : Putry Endahsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2315053
Tahun : 2020
Judul : Identifikasi Miskonsepsi pada Materi Rangkaian Arus Searah dengan Menggunakan Tes Diagnostik Empat Tahap Untuk Siswa SMA Kelas XII di SMA Negeri 5 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Fisika - K2315053- 2020
Subyek : IDENTIFIKASI MISKONSEPSI, TES DIAGNOSTIK EMPAT TAHAP, RANGKAIAN ARUS SEARAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi pada materi rangkaian arus searah yang dialami oleh siswa SMA kelas XII di SMA Negeri 5 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes berupa 12 soal pilihan ganda dengan empat tingkatan pertanyaan dan teknik wawancara untuk mengetahui permasalahan yang terjadi secara lebih mendalam. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan tiga langkah analisis data Miles dan Huberman. Prosedur penelitian adalah prosedur penelitian studi kasus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua siswa kelas XII MIPA 4 di SMA Negeri 5 Surakarta mengalami miskonsepsi pada beberapa konsep dalam materi rangkaian arus searah. Hasil pengujian dengan instrumen tes diagnostik empat tahap dan wawancara menunjukkan bahwa kategori miskonsepsi memiliki persentase yang paling tinggi (36.4%) dibandingkan kategori pemahaman yang lainnya (30.8% memahami konsep, 25.8% kurang paham konsep, 3.1?lse positive, 3.1?lse negative, dan 0.8% error).


Kata Kunci: Identifikasi Miskonsepsi, Tes Diagnostik Empat Tahap, Rangkaian Arus Searah

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si
2. Drs. Pujayanto, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP