Penulis Utama : Hanifah Nur Khofiah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2316023
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis LCDS dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa SMA pada Materi Hukum Newton
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Fisika - K2316023- 2020
Subyek : PERANGKAT PEMBELAJARAN, LCDS, HUKUM NEWTON.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran fisika berbasis LCDS dengan model discovery learning untuk meningkatkan kemandirian siswa SMA pada materi Hukum Newton yang layak digunakan; (2) mengetahui apakah spesifikasi akhir perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, yaitu berdasarkan pada model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran yang dilakukan hanya sampai pada tahap ketiga dari lima tahapan yaitu (1) analysis; (2) design; (3) development. Data yang diperoleh yaitu data kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Sumber data berasal dari 2 orang ahli, 3 orang guru Fisika SMA, 3 orang teman sejawat, dan 102 orang siswa. Semua guru dan siswa berasal dari 3 sekolah yang berbeda yaitu SMA Negeri 1 Surakarta, SMA Negeri 5 Surakarta, dan SMA Negeri 8 Surakarta. Sedangkan teman sejawat terdiri dari 3 orang tim penelitian pengembangan perangkat pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif.
Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) tahapan pengembangan perangkat pembelajaran meliputi: (a) tahap analisis yaitu tahap dilakukan analisis berbagai permasalahan dan kebutuhan yang ada dalam proses pembelajaran; (b) tahap desain yaitu tahap pembuatan draft perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian; (c) tahap pengembangan yaitu tahap dilakukan proses validasi, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. (2) Hasil akhir dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), instrumen penilaian kognitif, dan instrumen penilaian kemandirian siswa yang memenuhi kategori sangat baik serta layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kesimpulan ini diperoleh dari hasil validasi, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Adapun reliabilitas instrumen penilaian kognitif sebesar 0,838 untuk 39 soal yang diterima sehingga memenuhi kategori sangat tinggi. Sedangkan reliabilitas instrumen penilaian kemandirian siswa sebesar 0.719 sehingga memenuhi kategori sedang.

Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, LCDS, Hukum Newton.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Rini Budiharti, M.Pd.
2. Elvin Yusliana Ekawati, S.Pd. M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP